Soal Kenaikan Tunjangan ASN, Pemprov Merujuk Pusat – Kendari Pos
Nasional

Soal Kenaikan Tunjangan ASN, Pemprov Merujuk Pusat

KENDARIPOS.CO.ID — PNS yang duduk di jabatan fungsional kini sedang berbahagia. Presiden menyetujui kenaikan tunjangan empat jabatan fungsional. Legal standingnya adalah Perpres Nomor 3/2021, Perpres Nomor 4/2021, Perpres Nomor 5/2021, Perpres Nomor 6/2021.

Lukman Abunawas

Adapun empat jabatan fungsional yang mendapatkan tunjangan yakni pembina teknis perbendaharaan negara, analis pengelolaan keuangan APBN, analis perbendaharaan negara, dan pranata keuangan APBN.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengaku sudah mengetahui wacana kenaikan tunjangan PNS itu melalui media massa. Namun terkait regulasi tidak bisa mengandalkan dari pemberitaan semata. Mesti ada petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat.

“Alhamdulillah kalau memang seperti itu. Kita juga ingin tunjangan PNS naik,” ujarnya saat dihubungi Kendari Pos, Rabu (20/1) kemarin.

Namun sampai saat ini, Pemprov Sultra menurut Wagub Lukman Abunawas, belum menerima petunjuk teknis (Juknis) tentang kenaikan tunjangan jabatan fungsional dari pusat. “Belum ada juknis. Kalaupun ada, kita juga masih menunggu regulasi itu,” ungkap Lukman Abunawas.

Mantan Bupati Konawe dua periode itu menegaskan kebijakan yang berkaitan PNS, Pemprov Sultra selalu merujuk pada pemerintah pusat. “Kalau benar, tentu kita sangat bersyukur. Tetapi kabarnya ini juga masih dalam kajian. Kita di daerah tinggal menunggu. Kalau sudah turun regulasinya, pasti merujuk pada arutan itu. Tapi sampai saat ini belum ada,”kata Lukman Abunawas.

Sebelumnya, Direktur Jendral Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani menyatakan akan menyesuaikan tambahan tunjangan baru untuk pegawai negeri sipil (PNS). Askolani menyebutkan, kenaikan tunjangan baru tersebut akan segera diharmonisasikan sesuai keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tambahan tunjangan bagi ASN di tengah pandemi Covid-19.

“Tunjangan tersebut terkait dengan jabatan fungsional baru yang harus ada standarnya, harmonis dengan kegiatan lainnya,” kata Askolani. (rah/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy