Sindikat Curanmor Lintas Daerah : 9 Pelaku Diamankan, 4 Buron

KENDARIPOS.CO.ID — Kepolisian Resort (Polres) Bombana membekuk 9 orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) lintas daerah. Dari hasil operasi, polisi menyita barang bukti 11 unit sepeda motor. Kapolres Bombana, AKBP Dandy Ario Yustiawan mengatakan para pelaku jaringan sindikat Curanmor roda dua. Mereka kerap melakukan aksi di tiga daerah di Sultra yakni di Bombana, Konawe Selatan (Konsel) dan Kota Kendari. “Sebanyak 9 pelaku Curanmor ini memiliki peran yang berbeda-beda. Ada yang bertugas sebagai pemetik serta perantara ke penadah,” ungkapnya.

Dari sembilan terduga pelaku Curanmor ini, tujuh diantaranya merupakan warga yang berdomisili dalam satu desa yang sama di Konsel. “Dari ke sembilan orang ini, tujuh diantaranya merupakan teman dekat. Dengan rata-rata usia 24 tahun dan seorang masih di bawah umur,” katanya
Dalam melancarkan aksinya, para pelaku mengincar kendaraan yang sedang terparkir tanpa diamankan dengan kunci leher, dituntun kemudian dipotong kabelnya. Dalam melakukan aksinya, mereka tak menggunakan kunci T atau sejenisnya. “Komplotan Curanmor ini menyasar semua jenis motor. Ada 11 unit sepeda motor berbagai merek menjadi barang bukti yang kita amankan,” tuturnya.

Kendaraan tersebut dijual secara utuh di kendari dan Konsel dengan harga 4-7 juta. Hingga kini petugas masih melakukan penyelidikan dan pengembangan kasus Curanmor karena diduga masih ada empat lagi yang masih buron. “Mereka akan dijerat pasal 362 dan 480 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara,” pungkasnya. (c/idh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *