Sehari, Lebih 50 Pasien Covid di Sultra Sembuh

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra masih berkutat menekan laju penyebaran Covid. Angka kesembuhan pasien terkofirmasi positif Covid-19 sangat tinggi. Dalam sehari, lebih 50 pasien sembuh. Bahkan sampai 100 pasien sembuh perhari.
“Angka kesembuhan di Sultra ini, di atas rata-rata kesembuhan secara nasional. Tingkat kesembuhan Sultra sekira 84,3 persen, sedangkan kesembuhan tingkat nasional 81,2 persen,” ujar Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sultra, dr. La Ode Rabiul Awal.

Namun yang terkonfirmasi positif pun masih tinggi dan (kasus Covid-19) belum melandai. “Sampai hari ini, kasus Covid-19 masih belum sepenuhnya teratasi. Walaupun angka sembuh terlihat di atas rata-rata 50 sampai 60 pasien, tetapi melihat angka positif dari hasil swab masih relatif tinggi,” kata dr. La Ode Rabiul Awal, dalam Bincang Pagi Kendari Pos Channel, Selasa (19/1) kemarin

Pria yang karib disapa dr.Wayong itu menyebut data update Covid-19 di wilayah Sultra per 18 Januari 2021, jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 16 kasus. Kasus sembuh sebanyak 53 orang. “Sedangkan total keseluruhan kasus pandemi Covid 19 di Sultra sejak awal muncul hingga saat ini mencapai 8.828 kasus. Pasien sembuh mencapai 7.452 orang dan meninggal sekira 171 orang,” terangnya.

dr.Wayong menegaskan belum melandainya kasus Covid-19 di Sultra karena kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan (prokes) masih rendah. Menurutnya, masyarakat tidak boleh lengah dan harus disiplin menerapkan prokes 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Walaupun vaksin sudah ada dan secara ilmu pengetahuan aman. Tetapi, kita juga harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M,” tegas dr.Wayong.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra itu meyakini jika testing, tracing, treatment (3T) berjalan optimal akan memudahkan menemukan kasus Covid-19 di tengah masyarakat. Sehingga sebaran kasus Covid-19 dapat ditekan. (rah/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *