Sanitasi 80 Persen, Tapi Belum Standar – Kendari Pos
Wakatobi

Sanitasi 80 Persen, Tapi Belum Standar


KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi masih punya pekerjaan yang harus dimaksimalkan pada tahun 2021 ini. Selain penyediaan infrastruktur air bersih, sanitasi layak dan sehat juga masih menjadi perhatian serius instansi teknis tersebut. Pasalnya, meskipun penataan sistem sanitasi telah mencapai 80 persen, namun masih dianggap belum berstandar.

Kamarudin

Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamarudin, menjelaskan dengan kondisi itu, setidaknya ada kemajuan dibanding sebelumnya. Terkait sanitasi, masyarakat sudah mulai sadar untuk tidak buang air besar (BAB) sembarang tempat. Sayangnya, meski sudah menggunakan toilet di rumah masing-masing, namun tidak sedikit yang tetap menggali pembuangan dengan tidak memperhatikan standar sanitasi.

“Sanitasi kita baik sudah capai 80 persen. Tapi untuk kami di PU bukan sanitasi seperti ini yang dimaksud. Kami ingin sanitasi yang berstandar,” terang Kamarudin, kemarin. Semisal, kata dia untuk gali pembuangan untuk toilet, banyak yang melakukannya tanpa memperhatikan standarnya. Di tutup rapat pada bagian atas tapi masih ada rembesannya di bagian bawah. “Nah ini yang kami sebut belum standar. Karena bisa mencemari yang lainnya,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya mengadakan septic tank yang disimpan di depan rumah warga. Diakuinya, septic tank tersebut memang berfimensi kecil. Sehingga jika sudah penuh nanti disedot baru dipindahkan ke tempat pembuangan. “Contoh di Kelurahan Waha, Kecamatan Tomia sudah kami lakukan dan juga pada beberapa desa di Wangi-Wangi. Meskipun tidak besar, tapi tak merembes. Alhamdulillah untuk sanitasi kita sudah membaik. Lebih baik dari sebelumnya. Artinya membaiknya itu tidak ada lagi orang yang BAB sembarangan. Kami menargetkan sanitasi berstandar,” harapnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy