RSUD Djafar Harun Over Kapasitas – Kendari Pos
Kolaka Utara

RSUD Djafar Harun Over Kapasitas

Dr. Syarif Nur

KENDARIPOS.CO.ID – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kembali memasuki gelombang kedua dalam status wilayah zona merah dengan tingkat resiko tinggi penularan covid-19 per Januari 2020. Bukan hanya itu, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas, Dr. Syarif Nur, mengungkapkan, penyebaran virus juga cepat dan risiko kematian tinggi.

Syarif memaparkan, warga terjangkit cukup melonjak dan telah menerima pasien sebanyak 42 orang dalam sehari, Jumat (13/1) lalu. Per 13 Januari, telah ada 205 orang terpapar dan beberapa merupakan tenaga kesehatan. “Zona merah kehitaman. Gejala berat dan resiko kematian tinggi,” bebernya, Kamis (14/1).

Meski angka pasien banyak, namun dr. Syarif mengungkapkan, semua itu merupakan hasil dari upaya terukur dan berjalan baik dalam proses tracking. “Menggembor-gemborkan minim kasus namun fakta sebaliknya, justru akan memperburuk keadaan dalam waktu lama. Dari pada kematian ada di mana-mana tetapi tidak diketahui jelas penyebabnya yang ternyata akibat digerogoti corona, itu fatal,” tegasnya.

Rabu malam, Kolut mendapat tambahan satu kasus pasien Covid-19 meninggal dunia, hingga kini total seluruhnya enam orang. Pihaknya telah melakukan rapat intern untuk langkah yang memungkinkan diambil jika situasi semakin buruk. “Salah satunya bisa saja kembali kami tekankan kumpul-kumpul hingga pesta tidak boleh dilaksanakan dulu,” sambungnya. Dampak peningkatan kasus khususnya di wilayah ibu kota, membuat pelayanan di Puskesmas telah ditutup sementara dan RSUD Djafar Harun over kapasitas. RS Potowa bakal segera difungsikan untuk perawatan pasien Covid-19.

Ia meminta seluruh masyarakat Kolut tak takut diswab. Sebab jika negatif akan dipulangkan, dan jika gejala ringan isolasi di rumah. “Kalau parah kami rawat, dibanding nanti parah baru diperiksa, hingga sulit lagi kami tangani dan keluarganya yang lain juga tertular. Bantu kami (tenaga kesehatan) dengan cara menjaga diri anda dan keluarga. Kami hanya ingin anda dan semua masyarakat Kolut tetap diberi kesehatan,” pungkas dr. Syarif. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy