Rp 7 Miliar Optimalkan Sektor Kepariwisataan – Kendari Pos
Buton

Rp 7 Miliar Optimalkan Sektor Kepariwisataan

KENDARIPOS.CO.ID — Pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Buton dari sektor pariwisata hampir nihil pada 2020 lalu. Angka kunjungan wisatawan di tahun pandemi Covid-19 itu, terjun bebas. Untuk kembali menggenjot animo wisatawan, Pemkab Buton melalui Dinas Pariwisata masih terus berupaya untuk memoles destinasi berikut dengan peningkatannya sumber daya manusianya (SDM). Tahun ini, Dinas Pariwisata kebagian dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 7 miliar untuk mengoptimalkan potensinya.

RUSDI NUDI

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi, mengatakan, sejumlah program prioritas lembaganya tahun ini diantaranya, membangun dan melengkapi infrastrutur pendukung kawasan wisata Wabula dan Wasuemba berbasis kerajinan. Selain itu juga kawasan Dive Center Teluk Pasarwajo sebagai wisata bahari berbasis kuliner. Kemudian untuk pembangunan nonfisik itu berupa pelatihan pengembangan kapasitas SDM pelaku usaha jasa pariwisata dan adaptasi implementasi protokol kesehatan pada destinasi unggulan.

“Kita lakukan pembenahan berkesinambungan. Objek-objek unggulan dioptimalkan, dana-dana yang ada kita alirkan ke pembangunan fisik dan non fisik,” katanya, Minggu (17/1). Program-program itu diback up dengan DAK fisik sebesar Rp 6,2 miliar. Sedangkan nonfisik sekitar Rp 826 juta. “Kegiatan fisik membangun infrastrutur di destinasi wisata Wabula-Wasuemba dan kawasan dive center Pasarwajo. Kalau nonfisik seperti pelatihan pengembangan kapasitas SDM pelaku usaha jasa pariwisata,” tandasnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy