Rp 5,9 Miliar Benahi Dua Jembatan Penghubung di Butur


KENDARIPOS.COL.ID — Satu persatu jembatan penghubung yang kondisinya rusak parah pada jalur jalan provinsi di Kabupaten Buton Utara (Butur), mulai dibenahi. Tahun ini, Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menganggarkan dana miliaran rupiah untuk membangun jembatan yang menghubungkan Butur dengan Kabupaten Buton tersebut. Walaupun belum semua dibenahi, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur tetap bersyukur.

Satu persatu jembatan penghubung yang kondisinya rusak parah pada jalur jalan provinsi di Kabupaten Buton Utara (Butur), mulai dibenahi.
Tahun ini, Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menganggarkan dana miliaran rupiah untuk membangun jembatan yang menghubungkan
Butur dengan Kabupaten Buton tersebut

“Selain ada pengaspalan jalan, Pemprov Sultra juga mengalokasikan dana untuk pembangunan jembatan Lacumumbu Rp 3,7 miliar dan jembatan Cirauci II Rp 2,2 Miliar. Pengerjaannya dilakukan tahun ini. Pasalnya, kedua jembatan tersebut kerap rusak karena masih menggunakan material kayu,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya, Selasa (12/1).

Wawan Wardaya menambahkan, proyek pembangunan jembatan yang menghabiskan total Rp 5,9 miliar tersebut diproyeksi menggunakan kontruksi beton dengan ketahanan maksimal, sehingga tidak mudah rusak dilalui kendaraan roda empat atau saat alat berat melintas. “Setiap tahun Pemkab Butur terus melakukan koordinasi terkait kondisi jalan dan jembatan di jalur provinsi yang menghubungkan Butur dengan Buton. Hasilnya, setiap tahun anggaran selalu lolos. Namun dibenahi secara bertahap ” tambahnya.

Wawan Wardaya berharap, pembenahan dua jembatan yang akan segera dilelang itu, tuntas tepat waktu. “Ruas jalan provinsi belum teraspal masih 70 persen dari total panjang 103 kilo meter. Jembatan menggunakan kayu juga masih ada puluhan unit dan rawan roboh,” tandasnya. (c/had)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *