Rp 1,9 Miliar Danai 60 Pilkades – Kendari Pos
Muna

Rp 1,9 Miliar Danai 60 Pilkades

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Muna akan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama digelar tahun ini untuk 60 desa dan tahap kedua nanti tahun 2022 pada 64 desa. Kebijakan itu ditempuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dengan memertimbangkan faktor anggaran, stabilitas dan efisiensi waktu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna, Rustam, menerangkan, pelaksanaan Pilkades untuk 124 desa sebelumnya direncanakan serentak tahun ini. Meskipun secara teknis, pemungutan suara akan dibuat dalam dua gelombang. Hanya saja, usulan itu tidak disetujui dan mengalami penyesuaian setelah melewati masa pembahasan antara eksekutif dan legislatif.

Rustam

“Ada tiga pertimbangan mengapa rancangan pertama itu batal. Pertama butuh anggaran besar sekitar Rp 4 miliar lebih. Berikutnya stabilitas keamanan karena estimasinya minimal akan ada 248 tempat pemungutan suara yang perlu dijaga aparat keamanan. Terakhir soal efisiensi waktu persiapan pelaksanaan. Makanya diputuskan 60 desa saja dulu,” jelasnya. Ia melanjutkan, 60 desa yang akan lebih dulu melaksanakan Pilkades tahun ini akan ditentukan dengan dua indikator utama yakni masa purnatugas kepala defenitif harus diatas dua tahun dan pertimbangan kondisi lapangan menyangkut efektifitas kepemimpinan pelaksana tugas kepala desa. Nama-nama desa peserta Pilkades itu akan dirilis setelah Peraturan Bupati tentang panduan teknis Pilkades selesai disusun.

“Kami masih koordinasikan dengan Bupati untuk 60 desa itu,” papar Rustam. Kendati begitu, tahapan Pilkades untuk 60 desa tahun ini besar kemungkinan akan dimulai April mendatang. Jadwal tahapan akan dimulai dengan pembentukan beberapa panitia kabupaten mulai dari Desk Pilkades, Badan Ad Hoc untuk menengahi sengketa Pilkades, tim pengawas Pilkades serta tim seleksi bakal calon Pilkades. Berikutnya tahapan sosialisasi dan untuk tahapan pemungutan suara sendiri dijadwalkan pada 9 September mendatang.
“Itu baru rencana. Patennya menunggu Perbup. Jelasnya tahun ini sudah fiks 60 desa. Anggarannya sudah masuk APBD 2021 sebesar Rp 1,9 miliar,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy