Ridwan Dilantik 17 Februari, Ruksamin 21 April – Kendari Pos
Nasional

Ridwan Dilantik 17 Februari, Ruksamin 21 April


KENDARIPOS.CO.ID — Pesta demokrasi di Kabupaten Konawe Utara dan Buton Utara (Butur) telah usai. KPU di dua daerah itu menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih. Petahana di Konut, Ruksamin sukses mempertahankan takhtanya. Penantang di Pilkada Butur, Ridwan Zakariah sukses menaklukan petahana, Abu Hasan. Pemenang Pilkada Konut,Ruksamin dan pemenang Pilkada Butur, Ridwan Zakariah melenggang ke takhta bupati periode 2021-2026.

Bupati Butur terpilih, Ridwan Zakariah (tengah) didampingi Wakil Bupati Butur terpilih, Ahali (kanan) menerima dokumen berita acara penetapan bupati dan wakil bupati terpilih di kantor KPU Butur, Jumat (22/1) kemarin

Beda pilihan dalam kontestasi Pilkada adalah hal lumrah. Sudah saatnya masyarakat Kabupaten Konut dan Butur kembali bersatu dan bergandengan tangan dalam sebuah kekuatan besar membangun daerah.

Merujuk akhir masa jabatan (AMJ) Bupati Butur periode sebelumnya yakni 17 Februari, maka Ridwan Zakariah dan Ahali akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Butur pada tanggal yang sama. Begitu pula AMJ Bupati Konut, yang berakhir 21 April 2021. Ruksamin dan wakilnya Abuhaera dilantik 21 April 2021.

Bupati Butur terpilih Ridwan Zakariah berkomitmen akan membangun Butur dengan berkolaborasi semua pihak untuk membawa Butur yang adil, maju, sejahtera dan sejajar dengan daerah lain. “Amanah ini merupakan kesempatan untuk mengabdikan diri untuk daerah dan rakyat Butur,” ujar Ridwan Zakariah usai pleno terbuka penetapan kepala daerah terpilih di Kantor KPU Butur, Jumat (22/1) kemarin.

Bupati Butur periode 2010-2015 itu mengapresiasi, kinerja KPU Butur, Bawaslu, TNI dan Polri sehingga Pilkada berjalan lancar, aman dan tertib. “Saya percaya KPU Butur menjalankan tugas dengan baik dan berkualitas. Saya mencatat tiga kali pilkada terjadi di Butur dan Pilkada tahun 2020, yang terbaik dengan indikator tidak satu pun paslon yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi,” ungkap Ridwan Zakariah.

Mantan Sekda Buton itu menambahkan, pleno penetapan calon terpilih bupati dan wakil bupati Butur menandai Pilkada telah usai. “Saat pilkada 2020 selesai, kondisi ekonomi Butur menggeliat. Ini indikator keterkaitan Pilkada berjalan baik tanpa ada riak-riak. Semua menyadari bahwa keamanan dan kesejahteraan itu sangat mahal dan wajib dipelihara bersama,” tambahnya.

Wakil Bupati Butur terpilih, Kompol (Purn) Ahali mengajak seluruh masyarakat Lipu Tinadeakono Sara untuk bersatu membangun Buton Utara. “Mari merajut persatuan dalam membangun Butur yang maju, adil dan sejahtera,” pintanya.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Butur Hasruddin. Turut hadir, Ketua KPU Sultra Abdul Natsir Muthalib, Ketua Bawaslu Butur Hazamuddin dan ketua partai pengusung Ridwan Zakariah di Kantor KPU Butur, Jumat (22/1). Ketua KPU Butur, Hasruddin mengatakan, rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih bupati dan wakil bupati berdasarkan surat keputusan KPU Buton Utara Nomor: 02/PL.03.6.Kpt/7410/KPU/Kab/I/20201 yakni pasangan calon nomor urut saudara Ridwan Zakariah-Ahali. Duet berakronim Rida itu meraup 15.890 suara.

Ketua KPU Provinsi, Abdul Natsir Mutalib mengungkapkan, penyelenggara KPU dan Bawaslu Butur tidak berdiri sendiri mengerjakan kegiatan kolosal dan melibatkan kurang lebih 46.000 ribu pemilih. Salah satu indikator demokrasi itu berjalan baik terlihat pada angka partisipasi dari waktu ke waktu naik. Angka partisipasi naik signifikan hampir 91 persen.

“Angka partisipasi Pilkada Butur menempati peringkat ketiga dari tujuh daerah. Angka partisipasi tertinggi Pilkada Konawe Utara 92 persen, Konawe Kepulauan 91 persen dan Butur 90 persen lebih,” ujar Abdul Natsir Mutalib.

Jauh dari Kabupaten Butur, Bupati Konawe Utara terpilih, Ruksamin mengapresiasi partisipasi masyarakat yang berkontribusi menyukseskan pelaksanaan Pilkada Konut. “Terima kasih kepada masyarakat Konawe Utara yang telah memberikan kepercayaan pada kami, Ruksamin dan Abuhaera memimpin daerah ini,”ujar Ruksamin saat menyampaikan dalam sambutannya, (22/1).

Apresiasi yang sama disampaikan kepada KPU, Bawaslu, TNI dan Polri yang telah memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat Konut. “Bila ada kata yang kurang nyaman dihati saat kampanye kemarin, saya pribadi memohon maaf. Kami hanya sebatas mengklarifikasi atas tuduhan kepada kami,”ungkap Ketua DPW PBB Sultra itu didampingi tandemnya, Abuhaera.

Sementara itu Wakil Bupati Konut terpilih, Abuhaera berjanji mendedikasikan dirinya lahir batin membantu Ruksamin membangun daerah dan masyarakat. “Saya mewakafkan diri untuk membantu Ruksamin dalam bekerja dan memimpin Konawe Utara agar lebih maju dan sejahtera,”ujar mantan Sekda Konut itu.

Sementara itu, Ketua KPU Konut Syawal Sumarata mengatakan, setelah penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, selanjutnya dokumen atau berita acara penetapan diserahkan ke DPRD Konut. “Untuk di tindaklanjuti ke tahap berikutnya menuju pelantikan,” kata Syawal saat dihubungi Kendari Pos, Jumat (22/1) kemarin.

Syawal Sumarata menjelaskan setelah dokumen penetapan diterima DPRD Konut, selanjutnya dokumen tersebut akan diserahkan kepada Gubernur Sulawesi Tenggara dan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk proses penerbitan Surat Keputusan (SK) pengesahan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konut. “Jika sudah keluar SK dari Kemendagri maka agenda selanjutnya adalah pelantikan yang dilakukan oleh gubernur,” jelasnya.

Syawal menambahkan, akhir masa jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Konut periode 2015-2020 yakni 21 April 2021. Jadi waktu pelantikan akan menyesuaikan dengan AMJ kepala daerah periode sebelumnya. “Pada pilkada sebelumnya tahun 2010 maupun tahun 2015, agenda pelantikan konsisten digelar 21 April. Itu setelah terbit SK dari Kemendagri,” ungkapnya. (had/min/ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy