Rejuvenasi Stadion Lakidende Rp 30 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Rejuvenasi Stadion Lakidende Rp 30 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata ruang teru membangun infrastruktur daerah. Tahun 2021, akan dilakukan rejuvenasi Stadion Lakidende tahap satu dengan anggaran Rp 30 miliar.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul (kanan) menerima piagam penghargaan Kendari Pos yang diserahkan oleh Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin (kiri).

“Untuk stadion lakidende, tahap pertama kita sudah akan mulai. Sebab satu-satunya kota yang tidak memiliki stadion representatif itu hanya Kota Kendari sebagai ibukota Sultra. Jadi bagaimana kita mau berkembang olahraganya, kalau tidak ada sarananya? “kata Pahri Yamsul, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra.

Program rehab stadion, kata dia, berkat upaya Ketua Koni Sultra Agista Ariany yang melakukan koordinasi dengan Pemprov. Apalagi, berdasarkan hitungan teknis, kata dia, kerusakan stadion itu sudah mencapai 90 persen. “Stadion itu sudah tak layak digunakan. Sehingga memang perlu untuk rehab keseluruhan,” jelasnya.

Pengerjaan awal, kata dia, pada bagian struktur bawah. Rehab akan dilakukan dari kapasitas tempat duduk, kapasitas kursi penonton ditingkatkan jadi 15 ribu sampai 20 ribu. “Jadi kita rehab itu hapir 75 persen lebih. “Kemudian lapangan kita mulai perbaiki bagian bawahnya, sebab ada saluran yang perlu diperbaiki, sehingga tidak banjir lagi. Semua tempat duduk serta fasilitas lain seperti ruang ganti, toilet bakal direhab sehingga menjadi stadion yang benar-benar layak untuk digunakan selevel provinsi dengan standar internasional,”lanjutnya.

Selain itu, fasilitas olahraga lainya, pasti ada di dalam stadion. Misalnya, sarana olahraga atletik serta beberapa kelengkapan lainya layaknya stadion nasional. Sebab dalam renovasi ini, standar yang diambil adalah standar stadion internasional. “Jadi standar internasional yang kita pakai untuk renovasi saat ini,”ucapnya.

Renovasi tahap pertama akan menelan Rp 30 miliar. Bahkan akan berlanjut di tahun berikutnya. Sebab hitungan teknis, rehab secara menyeluruh membutuhkan anggaran di atas Rp 200 miliar. Ia berharap rehab stadion ini bisa selesai tepat waktu dan menjadi suatu ikon yang menambah keindahan Sultra khususnya ibukota provinsi. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy