Realisasi PKB Capai 106 Persen, Samsat Keliling Sumbang Rp 2,4 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Realisasi PKB Capai 106 Persen, Samsat Keliling Sumbang Rp 2,4 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemprov Sultra mendongkrak pajak kendaraan bermotor (PKB) membuahkan hasil. Tahun 2020, realisasi PKB melampaui target. Dari Rp 138 miliar yang ditargetkan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mencatat pajak yang masuk hingga Desember sebesar Rp 147 miliar atau sekitar 106 persen.

Kepala Bapenda Pemprov Sultra, Yusuf Mundu

Kepala Bapenda, Yusuf Mundu mengatakan akan terus melakukan upaya konkret untuk memaksimalkan penerimaan daerah melalui sektor pajak. Salah satunya dengan memberi kemudahaan bagi wajib pajak melalui inovasi pelayanan Samsat Keliling. Tahun lalu, Samsat keliling menyumbang penerimaan daerah sebesar Rp 2,4 miliar.

“Tahun 2021, kami berencana menambah satu unit kendaraan Samsat keliling. Pengadaan mobil ini bakal menambah pundi-pundi penerimaan daerah (PKB). Bayangkan saja, tahun lalu hanya satu unit mobil Samsat keliling yang beroperasi, bagaimana bila lebih dari satu yang kita operasikan,” jelasnya kemarin.

Pada tahun lalu kata dia, realisasi PKB diluar dugaan. Sebab realisasinya memenuhi target. “Alhamdulillah, kita tetap menunjukkan eksistensi dalam bekerja. Capaian PKB hingga 31 Desember 2020 mencapai Rp 147 miliar atau lebih sekira Rp 8,65 miliar dari target,” jelas mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra ini.

Di sisi lain, pihaknya akan menyiapkan beberapa inovasi. Diantaranya, pembukaan tabungan PKB. Saat ini, masih menunggu kesiapan Bank Sultra. Nantinya, layanan PKB akan dibuka di unit-unit Bank Sultra. Selain itu, Bapenda akan kerjasama dengan warung atau counter untuk pembayaran PKB.

“Kami akan membuka gerai pelayanan pembayaran PKB. Hanya saja, pelaksanaannya diundur hingga triwulan empat. Sebab masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Tetapi inovasi-inovasi ini akan tetap kita dorong di 2021 ini. Bukan hanya itu, kami juga bekerjasama dengan kepala desa guna membantu masyarakat melakukan pembayaran PKB,” jelasnya.

Pada dasarnya, pihaknya akan terus berupaya mendekatkan pelayanan pajak kepada masyarakat. Dengan begitu, para wajib merasa dimudahkan, nyaman dan terlayani. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy