Rampungkan Interior dan Landscape, Anggarkan Rp 9 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Gedung perpustakaan daerah kini telah berdiri megah. Hanya saja, bangunan berlantai tujuh belum bisa difungsikan. Pemprov Sultra masih akan menuntaskan pengerjaan interior dan landscape gedung yang menjadi salah satu proyek monumental Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) ini.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul mengatakan secara fisik pengerjaan gedung tujuh lantai sudah rampung. Tetapi interior dan lanscape masih harus diselesaikan. Untuk pengerjaannya, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 9 miliar.

“Secara keseluruhan, pengerjaan perpustakaan internasional telah mencapai 99,5 persen. Jadi, tinggal tahap finishing di beberapa bagian. Kami sudah koordinasi dengan Dinas Perpustakaan akan menyelesaikan pada Juni 2021. Tetapi saya kira ini bisa lebih cepat sebab tinggal beberapa interior dan landscape saja,” kata Pahri Yamsul.

Saat ini, pemasangan instalasi listrik, AC di lantai 5,6 dan 7 telah hampir rampung. Selanjutnya, pengerjaannya akan masuk pemasangan keramik. Di sisi lain, pihaknya akan memulai bagian perkantoran seperti landscaping, termasuk area penataan halaman. Yang mana, anggarannya telah dialokasikan di luar anggaran sebelumnya.

Ia berharap pengerjaan interior dan land scape perpustakaan daerah ini berjalan lancar. Dengan begitu, gedung ini bisa diserahkan ke Dinas Perpustakaan dan bisa segera diresmikan. “Perpustakaan daerah akan menjadi salah satu ikon Sultra khususnya ibukota provinsi di Kota Kendari. Masyarakat dan pelajar bisa memanfaatkan perpustakaan ini sebagai ruang membaca bertaraf internasional dengan fasilitas lengkap, ” ujarnya. (b/rah)

Perpustakaan Bertaraf Internasional
Pengerjaan Fisik
Tahap I Rp 28 Miliar
Tahap II Rp 62 Miliar
Pengerjaan Interior dan Landscape
Anggaran Rp 9 Miliar
Masa Kontrak Juni 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *