Proyeksi APBD Sultra Rp.5,3 Triliun – Kendari Pos
Metro Kendari

Proyeksi APBD Sultra Rp.5,3 Triliun

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Sultra tahun 2021 diproyeksi sekira Rp.5,3 triliun. Anggaran itu akan digunakan membangun infrastruktur yang bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam rapat paripurna pembahasan rancangan Perda APBD Sultra tahun 2021, Gubernur Sultra Ali Mazi menjelaskan gambaran umum rancangan APBD, mulai pendapatan, belanja dan pembiayaan.

Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH, (kiri), Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh (tengah) dan Wakil Ketua DPRD Sultra H. Herry Asiku saat sidang paripurna di Gedung Utama Sekretariat DPRD Sultra, Kendari, Rabu (6/1).

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan secara keseluruhan pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 4,1 triliun. Pendapatan itu bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer dari pemerintah pusat dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Menurutnya, dana transfer pemerintah pusat paling dominan kontribusinya dalam total pendapatan daerah. Kondisi ini mencerminkan Pemprov Sultra masih memiliki ketergantungan yang besar terhadap pendapatan transfer pemerintah pusat.

“Karena itu, Pemprov Sultra, akan tetap melakukan langkah dan upaya secara menyeluruh, agar PAD lebih ditingkatkan ke depannya. Hal itu sebagai wujud kemandirian daerah, sesuai dengan amanah undang-undang otonomi daerah,”ujar Gubernur Sultra Ali Mazi dalam penjelasannya kepada peserta rapat paripurna di Gedung DPRD Sultra, Rabu (6/1) kemarin.

Terkait alokasi belanja daerah tahun anggaran 2021 ini dipergunakan oleh organisasi perangkat daerah untuk membiayai prioritas pembangunan daerah. Termasuk membiayai program dan kegiatan yang ada dalam RKPD, kebijakan umum, serta PPAS APBD Provinsi Sultra. “Ini telah kita sepakati bersama, baik itu dalam bentuk belanja operasi, maupun belanja modal dengan tetap mengedepankan azas dan prinsip pengelolaan keuangan daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Khusus belanja barang, jasa, dan belanja modal, manfaatnya dapat dirasakan langsung dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat, antara lain untuk pembangunan rumah sakit jantung dan pembuluh darah, pembangunan perpustakaan bertaraf internasional, pembangunan jalan pariwisata Kendari-Toronipa.

“Termasuk peningkatan dan pemeliharaan jalan provinsi, pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, penyediaan sarana dan prasarana air minum dan pembangunan infrastruktur lainnya,” sebut Gubernur Sultra Ali Mazi.

Selain itu, normalisai sungai dan rehabilitasi jaringan irigasi, pembangunan pengaman pantai, belanja peralatan pertanian, belanja pakan perikanan dan peternakan, sarana dan prasarana perikanan, penataan pariwisata, pembangunan sekolah, optimalisasi pad, dan lain sebagainya. “Tentu ini akan terus dan tetap kita optimalkan dan menjadi prioritas,” imbuhnya.

Tahun 2021 menjadi masa yang penting, dalam proses akselerasi pemulihan ekonomi, dari dampak pandemi covid-19. Sekaligus menjadi momentum untuk melanjutkan dan memantapkan berbagai kebijakan strategis pemerintah dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi. Kebijakan penyusunan rancangan APBD Provinsi Sultra tahun 2021 ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat.

Gubernur menambahkan penentuan pengalokasian anggaran, diharapkan dapat memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat, yang menghendaki peningkatan kualitas pelayanan publik, dan peningkatan kesejahteraannya, melalui pelaksanaan program pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Marilah kita bersama-sama bersinergi, mendukung pelaksanaan program dan kegiatan yang tertuang dalam RKPD tahun 2021, guna merealisasikan target kinerja yang ada dalam RPJMD tahun 2018-2023 demi terwujudnya komitmen bersama dalam satu visi mulia, yakni menjadikan Sulawesi Tenggara aman, maju, sejahtera dan bermartabat,”pungkas Gubernur Sultra Ali Mazi. (rah/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy