Populasi Sapi Capai 429 Ribu Ekor, Pembiakan “Sikomandang” Lampaui Target – Kendari Pos
Metro Kendari

Populasi Sapi Capai 429 Ribu Ekor, Pembiakan “Sikomandang” Lampaui Target

KENDARIPOS.CO.ID — Trik Pemprov Sultra meningkatkan populasi ternak sapi potong dalam negeri cukup berhasil. Tahun 2020, pembiakan Sapi Kerbau Komunitas Andalan (Sikomandang) melalui Inseminasi Buatan (IB) melampaui target. Program yang dulunya bernama Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) mampu merealisasikan IB terhadap 18.511 sapi dari target 18.120 sapi atau mencapai 102 persen.
Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Sultra, Jabal mengatakan akan terus mendorong pertumbuhan populasi ternak adalah melalui optimalisasi reproduksi. Penerapan sistem ini mampu mendongkrak populasi dan mutu genetik ternak.

“Melalui IB, penyebaran bibit unggul ternak dapat dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak. Berdasarkan data kumulatif periode 2020, capaian IB Sultra adalah sebanyak 18.511 ekor sapi.” jelasnya kemarin. Program Sikumandang ini tak hanya IB sambungnya, tapi juga menyangkut Pemeriksa Kebuntingan (PKb) serta total ternah (sapi) yang lahir. “Realisasi lahiran sapi kita untuk jantan 13.430 ekor dan betina sekira 17.278 ekor. Total keseluruhan ada 30.708 ekor sapi atau terealisasi 100 persen,” ujarnya.

Secara keseluruhan, populasi sapi Sultra mencapai 429 ribu ekor. “Total ini sudah termasuk jumlah program hasil inseminasi buatan dan dari beragam jenis sapi. Misalnya ada sapi limusion, Simental dan sapi Bali. Hasil persilangan itu akan melahirkan populasi baru dengan kualitas yang lebih baik,” ungkapnya. Kebutuhan sapi sambungnya, terbilang cukup. Hingga kini, sapi masih dipasok di wilayah Sultra. Namun pemerintah belum menyuplai kebutuhan sapi di luar daerah. “Tapi tidak menutup kemungkinan, produksi sapi kita di kirim ke Sulawesi Selatan (Sulsel) dan provinsi tetangga termasuk Kalimantan. Sebab lalu lintas ternak kita di Sultra ini tidak terkontrol,” kata Jabal. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy