PKS dan PAN Berpotensi Kembali Koalisi di Pilwali – Kendari Pos
Politik

PKS dan PAN Berpotensi Kembali Koalisi di Pilwali

KENDARIPOS.CO.ID — PKS dan PAN berpotensi akan kembali berkoalisi di Pilwali Kendari. Namun Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah DPW PKS Sultra Sulkarnain Kadir belum bisa memastikan soal kemungkinan itu. Sikap partai, kata Wali Kota Kendari Sulkarnain akan ditentukan oleh pengurus partai.

Sulkarnain Kadir

“Koalisi PKS dan PAN di pilwali saya pikir tanya langsung saja ke pengurus partai. Saya tidak bisa jawab itu, karena dalam politik itu semua kemungkinan bisa saja terjadi,” ujar Sulkarnain Kadir, kemarin. Soal pilwali, saat ini dirinya masih fokus untuk menuntaskan amanah masyarakat yang dipercayakan padanya sejak ia memimpin Kendari.

Terlebih belum ada kepastian kapan Pilwali digelar. Karena itu ia memilih bekerja maksimal dulu buat masyarakat dan daerah. “Undang-undang yang mengatur pilwali belum ada yang pasti. Apakah sudah akan dilakukan tahun 2022 atau nanti 2024. Nanti Kalau undang-undangnya sudah terbit, baru kita kemudian bisa bersiap dalam segala aspek,” bebernya.

Soal dirinya diusung PKS tarung Pilwali, baginya itu adalah perintah yang harus dijalankan. Tentunya, partai ingin target politiknya tercapai. Namun secara pribadi, ia masih fokus dengan tugas-tugas sebagai Wali Kota Kendari. “Soal amanat dari partai, itu harus kita jaga dan kita tuntaskan. Jangan sampai fokus kita terganggu dengan agenda-agenda yang belum dipustukan undang-undang,” jelasnya.

Terpisah, Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo, Dr. Najib Husain mengungkapkan, PKS dan PAN berpeluang untuk berkoalisi dalam Pilwali 2022 mendatang. Menurutnya, hubungan baik kedua partai penguasa di kota lulo itu sudah terjalin sejak Pilkada 2012 saat Asrun resmi menunggangi partai berlambang matahari terbit itu dan menggandeng kader PKS Musaddar Mapasomba untuk maju yang kedua kalinya.

Dan itu berhasil bahkan berlanjut pada Pilwali berikutnya, di mana PAN – PKS yang mengurusng Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain berhasil memenangkan Pilwali periode 2017 – 2022. “Tapi politik itu dinamis, semua bisa berubah. Bisa saja tidak berkoalisi, apalagi melihat proses Pilwawali lalu di mana PKS ngotot mendorong Aksan Jaya Putra melawan Siska yang merupakan kader PAN. Nanti kita lihat. Tapi peluang itu (koalisi) tetap ada,” imbuhnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy