Penyaluran Bantuan Tunggu Anggaran Cair – Kendari Pos
Wakatobi

Penyaluran Bantuan Tunggu Anggaran Cair

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wakatobi memastikan akan memberikan bantuan pada warga para korban terdampak angin puting beliung di Desa Kollo Soha, Kecamatan Tomia. Bantuan itu bakal disalurkan jika sudah mulai pencairan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahap awal, tahun anggaran 2021.

Kepala BPBD Wakatobi, Muhammad Yusuf, menyebut, pihaknya akan menyalurkan bantuan sesuai dengan kerugian yang dialami masing-masing korban. Jika tercatat ada 10 kepala keluarga (KK) yang terdampak angin beliung, maka pemerintah setempat menyalurkan sesuai dengan kondisi kerusakan rumah.
Berdasarkan identifikasi pihak BPBD Wakatobi, ada beberapa rumah warga yang mengalami rusak sedang. Selebihnya rusak ringan.

“Jadi kita bantu sesuai dengan kerugiannya masing-masing. Tapi berupa bahan bangunan. Seperti kayu, seng dan lain-lainnya,” ungkapnya, Minggu (24/1). Saat ini pihaknya belum bisa menyalurkan bantuan mengingat anggaran di kas kantor masih kosong. Namun, BPBD Wakatobi telah melakukan identifikasi di lokasi untuk mengetahui kerugian yang dialami warga terdampak angin puting beliung.

“Jadi kami juga masih menunggu pencairan APBD tahap awal ini. Makanya kami juga harapkan pihak desa setempat bisa segera menyalurkan bantuan untuk warganya dulu,” tambahnya. Sejauh ini baru dari pihak Dinas Sosial (Dinsos) Wakatobi yang turun langsung memberikan bantuan kepada para korban. Bantuan berupa sandang, tenda gulung dan lainnya tersebut disalurkan di aula Desa Kollo Soha belum lama ini. Sementara baik pihak BPBD maupun Pemdes setempat, masing-masing akan menyalurkan bantuan kepada para korban jika anggaran sudah cair. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy