Pengadaan APD Bisa dari ADD – Kendari Pos
Wakatobi

Pengadaan APD Bisa dari ADD

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Wakatobi, tak lama lagi akan dihelat. Dari rapat pembentukan panitia hingga persiapan tahapan selanjutnya pun perlahan sudah dilaksanakan. Meski anggaran yang disiapkan untuk Pilkades tahun ini belum cair, namun telah dialokasikan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 sebesar Rp 1 miliar lebih.

Jika dalam tahapan pandemi Covid-19 ini tak kunjung tertangani dengan baik, maka desa yang menyelenggarakan Pilkades diperbolehkan menganggarkan biaya melalui alokasi dana desa (ADD) untuk pengadaan alat pelindung diri (APD), hand sanitizer hingga sabun cuci tangan. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi, La Ode Husnan, menyebut, jika pada penetapan anggaran pilkades serentak tahun 2020 lalu belum disertakan dengan anggaran penanganan Covid-19. Namun, saat ini tentu harus menjadi perhatian serius.

La Ode Husnan

“Hal-hal yang berkenaan dengan desa, termasuk APD itu dan segala macam untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19, maka masing-masing desa yang melakukan Pilkades serentak boleh menganggarakannya melalui ADD,” terang Husnan, Senin (25/1).
Pilkades serentak tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Salah satunya, harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. Pihak panitia hingga Pemerintah Desa wajib mematuhi aturan di era pandemi. Mengingat ada sebanyak 45 desa yang siap mengikuti Pilkades serentak tahun ini.

“Bukan hanya angggarannya lebih banyak dibanding tahun lalu, tahapan juga tentu harus patuh terhadap Prokes. Tapi saya rasa semua desa yang pilkades tahun 2021 ini sudah siap. Kemungkinan tahapan kita mulai pada bulan Februari nanti,” terangnya.
Jika tak ada aral, Pilkades diupayakan dihelat pada awal atau sebelum pertengahan tahun 2021 ini. Pada jadwal 2020 lalu ada sebnayak 44 desa yang siap, namun tahun ini bertambah satu desa sehingga totalnya menjadi 45 desa dari 75 desa di Kabupaten Wakatobi. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy