Pengabdian Bupati Butur dan Koltim Berakhir Februari – Kendari Pos
Politik

Pengabdian Bupati Butur dan Koltim Berakhir Februari

KENDARIPOS.CO.ID — Masa pengabdian Bupati Buton Utara Abu Hasan dan Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah akan berakhir Februari 2021. Sementara Bupati Konawe Utara Ruksamin deadline 21 April mendatang. Pilkada tiga kabupaten tanpa gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun KPU setempat belum menentukan pemenang pilkada dengan alasan masih menunggu pentunjuk KPU RI dan putusan MK.

La Ode Abdul Natsir

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, rencana pleno pasangan calon terpilih oleh KPU kabupaten masing-masing, setelah adanya penyampaian dari KPU RI terkait data pemilu serentak lanjutan 2020 yang telah diregistrasi perkaranya di MK. Yang tidak teregistrasi, KPU kabupaten sudah dapat melanjutkan pleno penetapan pasangan calon terpilih.

“Ketentuan usulan pengesahan pengangkatan paslon terpilih, berdasarkan penetapan paslon terpilih oleh KPU kabupaten yang disampaikan oleh DPRD kabupaten kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur,” ungkapnya.

Usulan pengesahan pengangkatan paslon terpilih kepada Mendagri dilakukan lima hari kerja sejak KPU kabupaten menyampaikan paslon pemenang kepada DPRD kabupaten. Bila gubernur tidak menyampaikan usulan penetapan kepada Mendagri, kata dia, maka Mendagri mengesahkan pengangkatan paslon terpilih berdasarkan usulan KPU kabupaten melalui KPU provinsi.

Abadul Natsir menyebut salah satu syarat pengangkatan bupati dan wakil bupati adalah surat keterangan dari MK tentang tidak terdaftarnya sengketa hasil perolehan suara pilkada. Termasuk surat penyampaian penetapan paslon terpilih dari KPU kabupaten kepada DPRD kabupaten. Surat Penyampaian dari ketua DPRD kabupaten kepada Mendagri melalui Gubernur terkait usulan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih. (ali/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy