Pencairan 25 Persen, Realisasi 15 Persen – Kendari Pos
Kolaka Timur

Pencairan 25 Persen, Realisasi 15 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Proyek pembangunan infrastruktur pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang diswakelolakan ke pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Putemata, disoal. Pengerjaan bangunan yang menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 240 juta tersebut hingga kini belum juga tuntas.
Plt. Kadis Dikmudora Koltim, Bobby Egy Suwirno, mengungkapkan, rehab SDN 2 Putemata di Kecamatan Ladongi itu tidak bisa dilanjutkan lagi karena progres di lapangan tak sesuai target.

Bobby menyebutkan, proyek itu bernomor kontrak 425/12/RHB-RKB-SD/DAK/III/2020. Sekertaris Dikmudora Koltim tersebut mengatakan, pihak lembaga pendidikan, dalam hal ini kepala sekolah tidak ingin melanjutkan lagi pekerjaan tersebut. “Untuk menyelamatkan bangunan sekolah dari air hujan dan panas maka saya inisiatif mengeluarkan dana pribadi untuk mengatapi. Padahal dana untuk ruang kelas baru (RKB) sudah cair 25 persen, tapi pekerjaannya baru 15 persen. Uangnya sudah diambil tapi kenapa tak bisa tuntas sampai 25 persen,” kata Bobby, kemarin.

Sementara itu Kepala SDN 2 Putemata Koltim, Herman, membenarkan jika dana 25 persen atau sekitar Rp 60 juta telah dicairkan dan dibelajakan. “RKB sekolah memang masih 15 persen dari tahap awal 25 persen uang yang keluar,” jelasnya. Herman mengaku, hanya ada miskomunikasi dengan Plt. Kadis Dikmudora.

Sementara itu Bendahara SDN 2 Putemata, Meriana, mengaku, dirinya hanya menjadi atas nama saja pada jabatan itu, tetapi dana dipegang kepala sekolah. “Saya hanya bertanda tangan. Setelah keluar uangnya, kepala sekolah yang ambil. Kan uangnya Rp 60 juta sudah cair mestinya 25 persen progres. Pekerjaan hari ini masih 15 persen. Kalau dananya dikemanakan untuk kepala sekolah yang tahu,” tandas Meriana. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy