Pemkot Kendari Terima Aset Senilai Rp 57 Miliar – Kendari Pos
Nasional

Pemkot Kendari Terima Aset Senilai Rp 57 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Lima aset negara kini “berpindah tangan” ke Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Pemerintah pusat mengutus Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sultra, Mustaba menyerahkan aset berupa infrastruktur yang dibangun Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR di Kota Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (ketiga dari kanan) didampingi dan Sekot Kendari Nahwa Umar (kanan) menerima secara simbolis hibah aset dari Kementerian PUPR yang diserahkan Kepala BPPW Sultra, Mustaba (empat dari kanan) di Kebun Raya Kendari, Rabu (20/1) kemarin

“Kementerian PUPR menghibahkan 5 aset barang milik negara senilai Rp 57 miliar. Penyerahan aset dilakukan untuk menjamin tata kelola aset yang baik sekaligus meningkatkan pelayanan publik di Kota Kendari,” ujar Kepala BPPW Sultra, Mustaba saat penyerahan aset di Kebun Raya Kendari, Rabu (20/1) kemarin.

Lima aset negara yang kini dalam penguasaan Pemkot Kendari yakni tiga aset di Kebun Raya Kendari, meliputi bangunan edukasi, konservasi dan wisma senilai Rp 17 miliar dan dua aset di Kecamatan Abeli dalam program kotaku skala kawasan di Bungkutoko dan Talia senilai Rp 40 miliar.

Mustaba berharap, penyerahan sejumlah aset negara ini bisa dimanfaatkan oleh Pemkot Kendari untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya. Sebab, beberapa spot yang dibangun berpotensi menambah pundi keuangan daerah.

“Hadirnya beberapa infrastruktur bisa dijadikan sebagai spot wisata. Daerah bisa meraup PAD melalui pajak atau retribusi. Tapi yang terpenting, berbagai sarana yang kami hadirkan dapat menggerakan perekonomian masyarakat yang terdampak covid-19,” kata Mustaba.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik penyerahan sejumlah aset negara ke Pemkot Kendari. Dia tak menampik, Pemkot Kendari sulit membangun lima aset itu jika mengandalkan APBD Kota Kendari. “Dengan adanya aset yang dibangun Kementerian PUPR ini, kami sangat terbantu,” ujarnya.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berkomitmen untuk memelihara dan merawat aset yang telah diberikan negara kepada Pemkot Kendari. Wali Kota Sulkarnain membuktikan kesungguhannya itu denganmembentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di bawah kendali Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK). UPTD itu bertugas merawat dan memelihara lima aset dari negara.

“Saya sudah instruksikan beberapa OPD terkait untuk mengawasi dan menjaga aset sehingga kita bisa memanfaatkannya dalam kurun waktu yang lama,” pungkas Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy