Pemkot dan Kendari Pos Bakal Gelar Dzikir Akbar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pemkot dan Kendari Pos Bakal Gelar Dzikir Akbar



KENDARIPOS.CO.ID — Negeri ini sedang berduka. Lembaran awal tahun 2021 dibuka dengan rentetan musibah dan bencana alam. Tragedi kemanusiaan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, 9 Januari lalu. Disusul longsor Sumedang, banjir bandang di Kalimantan Selatan, hingga lindu berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) menghantam Kabupaten Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar).

Biro Direksi Kendari Pos Sawaluddin Lakawa (kiri), Kabag Kesra Pemkot Kendari Drs. H. Abdul Rauf (tengah), Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (dua kanan) dan Manajer Iklan Kendari Pos Awal Nurjadin (kanan) foto bersama di lobby Graha Pena, Kendari, Kamis (21/1).

Duka dari peristiwa itu dirasakan masyarakat Sulawesi Tenggara. “Melangitkan doa” sudah selayaknya ditunaikan. Munajat itu tak sekadar mendoakan para korban, namun juga menjadi ikhtiar “merayu” Tuhan agar Sultra dan semua masyarakatnya tak tertimpa bencana atau musibah.

Pemkot Kendari dan Harian Kendari Pos berkolaborasi dalam niat suci “melangitkan doa” melalui menggelar zikir akbar secara virtual pada 25 Januari mendatang. Hajatan itu diharapkan menjadi momentum bagi umat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sekaligus mendoakan korban bencana.

Kabag Kesra Pemkot Kendari, H.Abdul Rauf mengungkapkan, zikir akbar ini dilatarbelakangi oleh beberapa bencana alam yang terjadi di negeri ini. Sudah sepatutnya masyarakat berinstrospeksi diri dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan berzikir.

“Zikir akbar ini untuk bermunajat kepada Allah SWT agar kita dihindarkan dari musibah yang entah kapan datangnya. Kita umat Islam di Kota Kendari melalui zikir akbar ini harus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena jika Allah mengkehendaki (bencana) tidak ada yang bisa menghalangi, kendati teknologi secanggih apapun,” jelas Abdul Rauf dalam Bincang Pagi di kanal Youtube Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Kamis (21/1) kemarin.

Rauf yakin, zikir mampu menolak segala bentuk bala bencana. Sebab, masyarakat bermunajat sekaligus memanjatkan doa kepada Allah SWT. Terlebih, zikir menggema dalam satu waktu. “Dengan zikir dan doa kita, Insyah Allah diijabah Allah SWT. Zikir akan bergemuruh dari 500 masjid di Kota Kendari secara virtual. Insyah Allah, Allah Yang Maha Kuasa akan membersamai kita,” ungkapnya.

Abdul Rauf memastikan, seluruh masjid yang ada di Kota Kendari akan berpartisipasi dalam zikir akbar virtual. Menurut Rauf, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir telah menginstruksikan seluruh jajaran mulai organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan lurah serta dewan masjid untuk menyukseskan kegiatan zikir akbar. “Dengan instruksi wali kota itu, tentu seluruh perangkat akan ikut menyukseskan,” ujarnya.

Adapun teknis pelaksanaannya, 500 masjid akan terkoneksi langsung dengan Masjid Al-Alam melalui aplikasi zoom meeting. “Kesiapan kita sudah 90 persen. Melalui DMI, seluruh masjid sudah kami informasikan dan respon mereka cukup baik. Kan sekarang masih pandemi jadi mereka (masjid) dan jammahnya secara virtual. Khusus di Masjid Al-Alam tentu kita menerapkan protokol kesehatan,” kata Rauf.

Selain zikir, Pemkot Kendari akan menggalang donasi untuk korban bencana gempa di Sulbar. Oleh karena itu, Rauf berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi. “Kita buka donasi untuk membantu meringankan beban mereka,” kata Abdul Rauf.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan Kendari Pos siap menyukseskan zikir akbar. Menurutnya, zikir akbar secara virtual ini adalah yang pertama di Indonesia. “Zikir akbar ini bisa diikuti banyak orang karena dilaksanakan secara virtual. Meski gaungnya zikir akbar, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga apa yang kita akan laksanakan ini bisa membantu saudara-saudara kita di Sulbar, sekaligus mendoakan agar tetap diberi kekuatan menghadapi musibah ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari H Sulkarnain Kadir mengaku banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu korban bencana gempa di Sulbar. Salah satunya melalui zikir akbar virtual dengan melibatkan seluruh masjid dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Kendari. “Karena saat ini masih pandemi, jadi kita gelar secara virtual saja. Sambil mendengarkan tausiyah kita galang donasi untuk korban bencana,” ungkapnya.

Selain itu, zikir akbar ini mendoakan bangsa Indonesia dapat terhindar dari bala bencana. “Mari kita saling bahu membahu dan gotong royong untuk saling membantu. Sembari bermunajat kepada Allah SWT untuk diberikan perlindungan dan keselamatan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, pelaksanaan dzikir akbar akan dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom, sementara bagi warga metro yang inging menyaksikan secara live bisa mengkases laman facebook : kendarikota.go.id. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy