Pemkab Masih Tunggu Hasil Evaluasi Pemprov – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Masih Tunggu Hasil Evaluasi Pemprov

KENDARIPOS.CO.ID. — Peraturan Kepala Daerah (Perkada) terkait pelaksanaan anggaran tahun 2021 memang telah diterbitkan. Namun hal itu tak menutupi ketertinggalan bagi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di kabupaten itu. khususnya dalam memersiapkan pelaksanaan anggaran dan program prioritas pembangunan tahun 2021. Pasalnya dalam Perkada yang diterbitkan oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga beberapa waktu lalu, hanya berlaku untuk pembiayaan gaji pegawai dan biaya kelistrikan perkantoran. Termasuk pencairan dana uang persediaan (UP) sebagai modal awal bagi semua OPD dalam menjalankan roda pemerintahaan.

H. Sjarif Sajang

Sementara untuk pelaksanaan program yang melekat pada beberapa OPD, belum memungkinkan. Hal ini harus menunggu proses penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021. Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konsel, H. Sjarif Sajang, mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil evaluasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait penetapan APBD. Ketika ditanya terkait batas proses evaluasi, Sjarif mengaku itu diluar kewenangannya sebagai Sekretaris Kabupaten (Sekab).

“Kemarin kita sudah koordinasi dengan gubernur, tinggal kita menunggu. Kalau hari ini keluar hasil evaluasinya maka bisa segera dilaksanakan penyempurnaan bersama DPRD untuk kemudian ditetapkan. Jika masalah batas evaluasi itu kita serahkan ke gubernur,” ungkapnya. Sebagaimana diketahui, jika merujuk pada Peraturan Kemendari nomor 16 tahun 2007 tentang pedoman evaluasi rancangan peraturan daerah APBD, baik provinsi dalam hal ini gubernur, kabupaten kota melalui bupati dan wali kota, paling lambat melakukan proses evaluasi sekitar 15 hari kerja sejak diterimanya RAPBD. Sementara untuk RAPBD Konsel itu telah diserahkan ke Gubernur untuk dilakukan evaluasi sejak tanggal 28 Desember 2020.

Sementar itu, Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih terus berkordinasi dengan Pemprov. Jika hasil evaluasi sudah keluar, maka pihaknya akan segera melakukan penyempurnaan dan perbaikan selanjutnya segera ditetapkan menjadi Perda APBD 2021. “Nanti keluar hasil evaluasi baru kita bisa lakukan perbaikan dan masuk ke sistem informasi pembangunan daerah (SIPD),” ungkapnya, kemarin. Irham mengakui, keterlambatan penetapan APBD itu bukan hanya Konsel saja, kata dia hampir semua daerah di Sultra belum ditetapkan. “Muna saja baru mulai pembahasan di awal Januari ini,” tambahnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy