Pemkab Konawe Usul 1.800 PPPK Formasi Guru ke Pusat – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Konawe Usul 1.800 PPPK Formasi Guru ke Pusat


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Pusat mewacanakan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2021 ini. Di Konawe, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah mengusul sebanyak 1.800 kuota PPPK ke pusat. Usulan PPPK itu semuanya berasal dari formasi guru. Hal itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, Selasa (19/1). Ia mengatakan, secara resmi, usulan kuota PPPK Konawe telah dikirim ke pusat pada Desember 2020 lalu.

“Itu usulan kita. Mudah-mudahan bisa diamini pusat semuanya,” ujarnya. Saat ini, kata Ferdinand, pihaknya tinggal menunggu arahan lanjutan dari pusat, dalam hal ini KemenPAN-RB. Termasuk, menunggu perintah terkait mekanisme seleksi PPPK tersebut. Apakah diambil alih sepenuhnya oleh pusat, ataupun dilimpahkan ke Pemkab dalam hal teknis perekrutannya ke depan.

Ferdinand Sapan

“Kita masih tunggu. Yang jelas, usulan PPPK ini untuk guru. Tenaga kesehatan atau administrasi itu belum ada. Sebab, permintaan usulan dari pusat itu hanya khusus guru saja,” tambahnya. Mantan Kepala BPKAD Konawe itu menyebut, pengusulan PPPK Formasi guru tersebut, sebenarnya mewadahi para guru honorer yang sudah lama mengabdi di sekolah-sekolah. Katanya, PPPK itu juga merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka dikelompokkan menjadi dua kriteria. Yakni, ASN dari kategori pegawai negeri sipil (PNS), serta ASN yang termasuk dalam PPPK.

“Untuk penggajiannya (PPPK) itu, akhirnya didorong sebagai alokasi pemerintah. Sehingga, bisa jadi dimasukkan di dana alokasi umum (DAU). Bahwa itu nanti menjadi transfer DAU dari pusat, ya nanti kita lihat,” tandas Ferdinand Sapan. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy