Pemkab Komitmen Benahi Aset – Kendari Pos
Konawe Utara

Pemkab Komitmen Benahi Aset

KENDARIPOS.CO.ID – Persoalan aset daerah di Konawe Utara (Konut) masih menjadi sandungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menuntaskan statusnya. Diera Plt Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, H. Kasim Pagala, pekerjaan rumah tersebut segera dibenahi. Baru-baru ini, Kasim Pagala telah memanggil seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Bagian untuk duduk merapatkan persoalan aset yang pembenahannya masih menjadi kendala.

“Kita sudah putuskan dalam satu komitmen. Aset akan kita atur sesuai dengan prosedur yang ada. Salah satunya penggunaan kendaraan dinas. Yang tidak berhak mendapatkan fasilitas roda dua maupun roda empat, akan dilakukan penarikan,” tegas Plt Sekab Konut, H. Kasim Pagala, kemarin. Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Konut itupun telah mengeluarkan surat perintah penarikan Randis yang tidak semestinya digunakan pegawai. “Kemarin-kemarin itu kan banyak begitu,” sambungnya.

Dari hasil penarikan yang dilakukan oleh Bidang Aset BKAD dan Satpol PP, ternyata ditemukan pengguna Randis yang belum membayar pajak kendaraannya. Padahal dana untuk pembayaran pajak kendaraan telah disiapkan oleh Pemkab. “Sekarang saya tekankan, pemilik kendaraan dinas yang sudah memasuki masa pembayaran pajak, harus melaporkan pada bagian aset untuk perpanjangan. Kalau tidak, kendaraannya kita tarik saja. Begitupun juga ASN yang tidak berhak menerima Randis kita tarik,” komitmen Kasim Pagala.

H. Kasim Pagala

Ayah dari Anggota DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala, tersebut mengaku, kesadaran ASN pemilik Randis dan tidak memperpanjang pajak, minim. Bahkan tahun ini saja, anggaran yang disiapkan Pemkab Konut untuk pajak kendaraan mencapai miliaran rupiah. “2021 ini dananya Rp 2 miliar lebih, khusus untuk pajak kendaraan dinas. Dananya itu ada dibidang aset,” ujarnya.

Pihak Badan Pendapatan Provinsi Sulawesi Tenggara, kata H. Kasim Pagala, sering menyoroti soal tunggakan pajak kendaraan dinas milik Pemkab Konut. Makanya, ia memberikan warning pada pemiliki kendaraan dinas untuk patuh dan taat dalam memperpanjang pajak Randisnya. “Makanya sekarang, saya tidak mau ada lagi yang begituan. Kita tata dan benahi semua aset dan tuntaskan, karena ini berkaitan dengan opini dari BPK. Sekarang kita harus tegas, yang tidak taat asas, Randisnya ditarik,” tandasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy