Pemkab Bombana Bayar Bunga Pinjaman Pelaku UMKM


KENDARIPOS.CO.ID — Dukungan pada para pelaku usaha mikro kecil menegah (UMKM) diperlihatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana. Caranya dengan memberikan pinjaman modal usaha tanpa bunga melalui Perbankan yang telah ditunjuk. Pinjaman itu diharapkan bisa membuat pelaku UMKM bangkit lagi dimasa masa pemulihan ekonomi setelah terpuruk didera pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Bombana, Man Arfah. “Untuk tahun 2021 ini, salah satu fokus Pemkab adalah melakukan pemulihan ekonomi pasca pandemi dengan mendorong para pelaku UMKM untuk bangkit melakukan produksi kembali sesuai bidang masing-masing,” katanya, Jumat (8/1).

Pemkab Bombana memberi dukungan dalam pertumbuhan sektor UMKM dengan memberi keringanan bunga pinjaman modal. Tampak Ketua Dekranasda Sultra, Agista Ariyani (kanan) bersama Ketua Dekranasda Bombana, Hj. Andi Nirwana Sebbu (kiri) saat melihat hasil karya UMKM di daerah itu.

Untuk itu, ditahun 2021 ini para pelaku UMKM yang ada di Bombana bakal diberikan kemudahan untuk melakukan pengambilan kredit di bank tanpa harus membayar bunga. Pasalnya, bunga dari pinjaman yang diambil pelaku UMKM tersebut akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab. “Bunganya pemerintah yang bayar. Para pelaku UMKM cukup hanya membayar angsurannya saja,” jelas Man Arfah. Melalui program ini, Pemkab Bombana berharap agar sektor UMKM yang ada bisa segera pulih lagi, serta bisa memberikan kontribusi. Sebab UMKM diyakini merupakan salah satu sektor yang tergolong cepat bergerak. Terlebih lagi dengan pemberian dana pinjaman di bank tanpa bunga untuk menambah modal kerja bagi mereka. “Kalau UMKM ini diperkuat maka secara otomatis bakal membuka peluang kerja bagi masyarakat nantinya,” sambung Sekab Bombana. Man Arfah meminta pelaku usaha harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan peluang sehingga bisa tetap produktif. (c/idh)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.