Pemerintah Akan Evaluasi SKB 4 Menteri – Kendari Pos
Nasional

Pemerintah Akan Evaluasi SKB 4 Menteri

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah rencananya akan melakukan evaluasi implementasi Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Di mana pada Senin (4/1) hari ini, terdapat sejumlah daerah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Kemenko PMK, Agus Sartono

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono. Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat lintas kementerian membahas hal tersebut. Mengingat kasus positif dalam beberapa hari terakhir terus meningkat.

“Kemarin saya ditanya apakah akan dibuka kembali, saya mengatakan bahwa jujur saya baru minggu depan, Selasa (5/1) atau Rabu (6/1) akan membahas lintas kementerian tentang bagaimana perkembangan implementasi SKB 4 Menteri ini,” ujar dia dalam diskusi daring Outlook Pendidikan Indonesia 2021, Minggu (3/1).

Bahkan, dirinya mengaku khawatir apabila PTM dilaksanakan, hal ini akan menjadi bumerang bagi dunia pendidikan Indonesia. Bukannya pembelajaran terlaksana dengan baik, malah nanti menjadi klaster Covid-19 yang baru. “Karena kalau melihat kondisi peningkatan Covid ini, kita juga khawatir kalau kita serta merta membuka sekolah,” ungkap dia.

Kata Agus, pihaknya perlu mengecek kembali bagaimana kesiapan satuan pendidikan, baik itu sekolah maupun madrasah, seperti sekolah mana yang telah mengisi daftar periksa hingga seberapa banyak yang telah di evaluasi oleh kepala dinas pendidikan (disdik) kabupaten/kota dan Kemenag kabupaten/kota.

Meskipun khawatir, kabar baiknya adalah tibanya vaksin di Indonesia. Namun, tentunya dunia pendidikan akan masih mengalami kendala untuk proses pembelajaran di 2021.

“Harapannya di 2021 ini kondisi akan semakin baik, karena memang vaksin juga sudah mulai berdatangan dan pemerintah akan segera melakukan program vaksinisasi kepada masyarakat. Dengan demikian, maka diharapkan pandemi ini akan berangsur-angsur membaik dan kegiatan masyarakat bisa berangsur pulih,” tutup dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril mengatakan pembukaan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) ini tidak wajib. Hanya diperbolehkan apabila telah memenuhi syarat tertentu.

“Kebijakan tatap muka ini bukan harus atau sebuah kewajiban, tapi kondisi yang harus diasesmen secara seksama, secara bertahap, secara berlapis dan ketika itu menyatakan buat bisa dilakukan tatap muka, itu pun boleh. Jadi bukan wajib,” ungkapnya melalui webinar Guru Belajar Persiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap 2020/2021.

Pembukaan sekolah ini juga harus melalui persetujuan dari pemerintah daerah, pihak sekolah atau Kanwil Kemenag serta komite sekolah dengan berbagai macam pertimbangan. Mulai dari tingkat risiko penyebaran covid di daerah masing-masing sampai kesiapan fasilitas kesehatan.

Daftar periksa juga wajih dipenuhi oleh pihak sekolah. Seperti, sarana sanitasi, akses terhadap fasilitas kesehatan, kesiapan warga sekolah untuk memakai masker, ketersediaan thermo gun hingga memiliki peta satuan satuan pendidikan. “Apakah misalnya ada yang memiliki komorbiditas atau riwayat perjalanan dari daerah yang terdampak covid dan persetujuan komite sekolah,” jelasnya.

Kata Iwan, apabila salah satu syarat tidak bisa dipenuhi, maka sebaiknya pembukaan sekolah untuk melaksanakan PTM ditunda terlebih dahulu. Daripada membuat potensi adanya klaster sekolah.
“Ini adalah pertimbangan bagi sekolah atau daftar periksa yang harus dilengkapi oleh sekolah sebelum membolehkan sekolah untuk dibuka,” tutupnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy