Pemda Mubar Anggarkan Rp 4 Miliar Benahi Infrastruktur Penyeberangan – Kendari Pos
Muna Barat

Pemda Mubar Anggarkan Rp 4 Miliar Benahi Infrastruktur Penyeberangan

KENDARIPOS.CO.ID — Pada tahun 2021 ini, diplot dana untuk peningkatan sejumlah pelabuhan di Muna Barat (Mubar) hanya sebesar Rp 4 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Kepala Dinas Perhubungan Mubar, Laode Hanafi, menjelaskan, anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk rehabilitasi jembatan pelabuhan yang rusak. Sedangkan untuk perpanjangan bentangan sarana penghubung tersebut, baru diupayakan tahun 2022 mendatang. “Sebab rata-rata pelabuhan yang ada di Muna Barat ini panjangnya sekitar 300 meter saja. Sehingga untuk sandar kapal Pelni, sangat susah. Karena tergantung pasang surutnya air,” ungkapnya.

Sebagai langkah antisipasi, Laode Hanafi mengaku, pihaknya sudah melakukan identifikasi kedalaman laut. “Seperti Pelabuhan Latawe, itu kecuali diperpanjang lagi sejauh 100 meter agar sampai kedalaman labuh kapal,” sambungnya. Diketahui, Pelabuhan Latawe digunakan sebagai sarana transportasi laut lintas antar kabupaten, Bombana dan Konawe Selatan. Demikian pula Pelabuhan Pajala akan diperpanjang hingga 100 meter lagi agar kapal bisa masuk dan tidak bergantung lagi pada pasang surut air untuk berlabuh. “Sebenarnya kalau mau maksimal, panjangnya harus 500 meter. Karena dengan kondisi laut kita maka sudah tidak ada lagi surutnya air. Itu berdasarkan desain Kementerian Perhubungan,” pungkas Laode Hanafi. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy