Pembangunan Balai Kota Kendari Kembali Dilanjutkan, Pemkot Alokasikan Rp 80 Miliar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pembangunan Balai Kota Kendari Kembali Dilanjutkan, Pemkot Alokasikan Rp 80 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Sempat terhenti akibat Covid-19, pembangunan Balai Kota Kendari kembali dilanjutkan. Tahun 2021, Pemkot telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 80 miliar untuk perampungan bangunan dan (interior) gedung. Rencananya, pembangunan gedung Balai Kota ditargetkan rampung tahun 2022 mendatang. “Penganggarannya kan multiyears, tahun lalu sempat dianggarkan Rp 60 miliar. Tapi terecofussing karena covid-19. Tahun ini kita anggarkan kembali sebesar Rp 80 miliar untuk mengejar ketertinggalan (pembangunan) kemarin. Syukurnya, DPRD menyepakatinya agar pembangunan bisa selesai tepat waktu yakni pada tahun 2022,” kata Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari.

Sesuai perencanaan, item pengerjaan tahap II diprioritaskan perampungan interior gedung podium yang meliputi ruang kerja Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sektretariat Pemkot Kendari. Gedung podium ini meliputi ballroom, musholah, commad center dan mall pelayanan yang dilengkapi fasilitas modern lainnya. Sementara pada bagian Roof Top gedung podium bakal dijadikan sebagai lapangan upacara. “Insya Allah, pembangunan tahap II ini akan rampung tahun ini. Dengan begitu, kita fokus untuk penuntasan pembangunan tahun 2020 mendatang sesaui dengan rencana awal,” kata Sulkarnain Kadir.

Pembangunan Balai Kota menelan anggaran sebesar Rp 250 miliar. Pembiayaannya secara multi years terbagi kedalam III tahap. Tahap I (2019) meliputi pembangunan gedung utama (gedung podium) telah menggunakan anggaran sebesar Rp 57 miliar. Tahap II (2020) meliputi perampungan interior dan telah dianggarkan sebesar Rp 60 miliar. Akan tetapi, akibat recofussing anggaran akibat covid-19, pembangunan tahap II dialihkan pada 2021 dan telah dianggarkan sebesar Rp 80 miliar.

Adapun sisanya sekira Rp 133 miliar masuk dalam pembangunan tahap III (2022) yang item pekerjaannya meliputi pembangunan tower balai kota setinggi 9 lantai yang terdiri dari 3 lantai areal parkir dan 6 lantai dijadikan sebagai ruang pelayanan publik, ruang kerja OPD yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana modern dan service area. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy