Pelantikan Bupati Terpilih Dihadiri Maksimal 100 Orang – Kendari Pos
Politik

Pelantikan Bupati Terpilih Dihadiri Maksimal 100 Orang

KENDARIPOS.CO.ID — Pemenang pilkada Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Utara (Konut) telah ditetapkan (lihat grafis). Pemprov telah mengusulkan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), beberapa hari lalu. Pelantikan Ridwan Zakariah-Ahali (Butur) dan Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur (Koltim) dijadwalkan 17 Februari, sedangkan Ruksamin-Abuhaera (Konut) diagendakan 21 April, dihadiri maksimal 100 orang.

Lukman Abunawas

Informasi itu disampaikan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas. Jadwal pelantikan itu, kata mantan bupati Konawe dua periode itu, sesuai dengan akhir masa jabatan (AMJ) bupati dan wakil bupati saat ini. Termasuk tak masuk sengketa di Mahkamah Konstitusi. “Jadi Butur dan Koltim nggak ada masalah, sudah sesuai ketentuan,” kata Lukman saat ditemui di ruang kerjanya, (25/1).

Mantan Sekprov Sultra itu menambahkan, saat ini untuk Surat Keputusan (SK) pelantikan bupati dan wakil bupati Butur dan Koltim sementara berproses di Kemendagri. Masa jabatan kepala daerah Konawe Kepulauan (Konkep) berakhir 17 Februari, namun ada sengketa di MK, maka pelantikan masih menunggu putusan MK. “Karena yang sementara bersengketa adalah Pilkada Muna, Wakatobi, Konawe Selatan (Konsel) dan Konkep,” jelasnya.

Untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Konut terpilih, kata dia, akan dilaksanakan 21 April mendatang, sesuai akhir masa jabatan kepala daerah. “Jadi, walaupun Konut ini tidak ada sengketa, tetapi untuk pelantikan harus sesuai akhir masa jabatan,” ungkapnya.

Pelantikan bupati dan wakil bupati Butur dan Koltim, ia mengungkapkan, akan dilaksanakan pemerintah provinsi dengan menerapakan protokol kesehatan Covid-19. “Jadi, pelantikan akan tetap dilakukan secara tatap muka, namun dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain yang hadir dibatasi, juga perlu menggunakan masker dan menjaga jarak. Dalam ruangan pelantikan, itu paling banyak nanti 100 orang saja,” tutupnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy