Paslon Pemenang Pilkada Belum Ditetapkan, Masih Tunggu Petunjuk KPU RI dan BRPK MK – Kendari Pos
Politik

Paslon Pemenang Pilkada Belum Ditetapkan, Masih Tunggu Petunjuk KPU RI dan BRPK MK

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga dari tujuh kabupaten di Sultra yang gelar Pilkada tanpa gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Kendati demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing daerah belum bisa menetapkan pemenang pilkada (lihat grafis). Sebab masih menunggu petunjuk KPU pusat dan pengumuman Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK), 18 Januari 2021 mendatang.

Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias menyampaikan, hasil pleno perolehan suara telah disampaikan ke publik dan pasangan calon memperoleh suara terbanyak sudah di ketahui. Namun, penetapan pasalon pemenang Pilkada belum bisa dilakukan. Sebab harus ada petunjuk KPU RI dan surat resmi MK.

“Memang Pilkada Koltim tidak ada yang menggugat di MK. Tetapi mekanisme penetapannya menunggu petunjuk KPU dan MK. Rencana kita akan tetapkan antara 19 dan 23 Januari 2020, mendatang,” kata Suprihaty.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Konut, Prasetyo Hariwibowo mengaku tak ada pihak yang mengajukan gugatan di MK. Jadi tinggal menetapkan kondidat yang memenangkan pilkada. Namun masih menunggu surat dari KPU RI sebagai petunjuk teknisnya. “Dari hasil koordinasi dimungkinkan Januari penetapan pasangan calon terpilih,”ujarnya.

Terpisah, Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, jika MK sudah mengumumkan BRPK, akan diketahui paslon yang tidak tersandung sengketa hasil pilkada. Lalu, MK akan menyurat ke KPU RI mengenai daerah yang tidak memiliki gugatan.

“KPU RI akan menginstruksikan kepada KPU daerah agar segera menyelenggarakan pleno penetapan paslon pemenang sebagai bupati dan wakil bupati,” ungkapnya, kemarin.

Ia mengatakan Konut, Butur dan Koltim, tidak ada paslon yang mengajukan gugatan. Namun tetap menunggu keputusan MK melalui BRPK yang akan diumumkan 18 Januari 2021 nanti. Bagi paslon peraih suara terbanyak namun tersandung paradoks pilkada sesuai BRPK MK, kata dia, terlebih dahulu mengikuti proses penyelesaian sengketa melalui jalur MK, sesuai dengan isi gugatan paslon yang keberatan.

“Sembari menunggu pengumuman BRPK dari MK, konsolidasi, dan komunikasi intens kepada KPU kabupaten dan stakehokder untuk menyiapkan segala bentuk amunisi yang berpotensi dibutuhkan menghadapi gugatan,” terangnya. (dan/b).

Daerah Tanpa Gugatan

Konut
-Ruksamin-Abuhaera: 24.132 suara atau 56,7 persen
-Raup-Iskandar Mekuo : 18.448 suara atau 43,3 persen

Koltim
-Tony Herbiansyah-Baharuddin: 34.465 atau 47, 4 persen
-Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur: 38.275 atau 52,6 persen

Butur
-Abu Hasan-Suhuzu: 13.607 suara atau 32,8 persen
-Ridwan Zakaria-Ahali: 15.887 suara atau 38,3 persen
-Aswadi Adam-Fahrul: 12.033 atau 29 persen

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy