Parpol Diminta Serahkan LPJ Dana Hibah – Kendari Pos
Politik

Parpol Diminta Serahkan LPJ Dana Hibah

Kepala Kesbangpol Sultra Parinringi (kanan) bersama Kepala Bidang Politik Kesbangpol Sultra Fahrudin (kiri) usai diwawancarai, di Badan Kesbangpol Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta partai politik (Parpol) menyerahkan laporan pertanggung jawaban (LPJ) penggunaan dana hibah tahun 2020. Dengan begitu, parpol pemilik kursi parlemen, bisa kembali mendapatkan bantuan dana tahun ini, nominalnya sesuai perolehan suara pilcaleg 2019 lalu.

Kepala Kesbangpol Sultra Parinringi mengatakan, jumlah dana hibah yang diperoleh senilai Rp 1.200 per satu suara. Jadi total yang diterima parpol, akan diakumulasi dengan banyaknya suara saat pilcaleg lalu. Bantuan yang diterima parpol tingkat kabupaten, kata dia, akan disesuaikan dengan APBD masing-masing daerah. Kalau Parpol level provinsi Rp 1.200 untuk satu suara.

“Sebelum parpol menerima dana hibah tahun 2021 ini, wajib melaporkan LPJ penggunaan dana hibah tahun 2020. Kemudian dilaporkan ke BPK untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah pemeriksaan, maka Kesbangpol akan menyampaikan kepada parpol untuk mengajukan permohonan bantuan keuangan,” kata mantan wakil bupati Konkep itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Politik Kesbangpol Sultra Fahrudin menyampaikan, dari 12 parpol yang mengikuti pemilihan umum 2019, hanya 11 parpol yang memiliki kursi di DPRD Sultra. 11 parpol tersebut yang berhak menerima dana hibah dari pemerintah provinsi Sultra.

“Jadi, tidak semua parpol menerima dana hibah. Hanya yang mempunyai kursi yang bisa memperoleh bantuan keuangan dari pemerintah,” kata Fahrudin. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy