Pagu Rp 5 Miliar, Realisasi Rp 1,5 Miliar – Kendari Pos
Konawe

Pagu Rp 5 Miliar, Realisasi Rp 1,5 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi anggaran pemeliharaan jalan di Konawe ditahun 2020 belum mencapai target. Sebabnya, dana pemeliharaan jalan tersebut mengalami pemangkasan akibat kebijakan refocusing dimasa pandemi Covid-19. Dari pagu Rp 5 miliar, realisasinya hanya sebesar Rp 1,5 miliar saja. Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Konawe, Noor Jannah, Senin (11/1). Ia menuturkan, anggaran pemeliharaan jalan memang tak bisa serta merta dicairkan sekaligus. Bisa saja, dana itu dicairkan pertriwulan, disesuaikan dengan titik-titik mana prioritas jalan yang akan diperbaiki.

Noor Jannahnuh

“Itu sebabnya realisasinya tidak tercapai. Selain itu, kemarin ada pengurangan anggaran akibat pandemi. Sehingga nanti kira-kira di bulan September kita bisa cairkan dananya. Kita hitung-hitung jalan berlubang di wilayah kota Unaaha dulu. Rp 1,5 miliar itulah yang kita pakai,” ujar Noor Jannah. Ia mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk menambal beberapa jalan berlubang di kompleks perkantoran Pemkab Konawe. Selain itu, pemeliharaan jalan juga dilakukan di beberapa poros berlubang, serta pada beberapa kecamatan terdekat yakni Asinua dan Anggaberi.

“Pemeliharaan jalan ini juga termasuk pengerjaan rabat. Misalnya di perempatan kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menuju DPRD Konawe. Kita rabat karena aspalnya menggantung dengan bahu jalan,” tambahnya. Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Konawe itu menyebut, anggaran pemeliharaan jalan sekira Rp 3,5 miliar yang tersisa dari pagu yang disiapkan, tidak tersimpan di kas Dinas PUPR. Melainkan, terkoreksi secara otomatis di APBD-Perubahan Konawe tahun 2020 lalu.

“Kalau total panjang jalan yang dilakukan pemeliharaan itu, saya kurang hafal. Kita hitung berdasarkan spot yang ditambal. Detailnya di Bagian Bina Marga,” tandas Noor Jannah. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy