Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Kemenag Konsel Sukseskan Program Madrasah “Go Green” – Kendari Pos
Konawe Selatan

Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Kemenag Konsel Sukseskan Program Madrasah “Go Green”

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam rangka meningkatkan layanan masyarakat, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) intens mengotimalkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Disisi lain juga terus memaksimalkan implementasi program Kementerian Agama RI yang telah dilauncing oleh Gubernur Sultra yakni Gerakan membangun Madrasah Hijau atau disebut program “Go Green”.

Kepala Kemenag Konsel Drs. H. Joko, M.Pd (dua kiri) melakukan kunjungan
ke beberapa madrasah dalam rangka mendorong implementasi program madrasah Go Green

Kepala Kemenag Konsel, Drs. H Joko, M.Pd mengungkapkan, sejak dirinya diberi amanah menjadi kepala Kemenag di daerah itu pada Desember 2020 lalu, pihaknya bertekad akan mengevaluasi sejumlah program kerja tahun sebelumnya yang terkendala pandemi cCvid-19.
“Misalnya serapan anggaran dan program yang belum maksimal disebabkan adanya pandemi ini. Nah, ditahun ini kita akan berupaya normalkan kembali. Termasuk proses pembelajaran lingkup madrasah yang ada di Kabupaten Konsel, baik itu Madrasah Ibtidayah, Madrasah Tsanawiyah, dan Aliyah,” ungkapnya.

Joko menjelaskan, pihaknya juga terus memberikan suport kepada tenaga penyuluh disetiap satuan kerja (Satker). Khususnya upaya pemberantasan buta baca Al-Qur’an. “Di era pandemi ini, tantangan kita yakni larangan berkumpul, jadi kegiatan pembelajaran tatap muka dan pengajian kelompok sempat terhenti. Namun kita tetap memberikan dorongan kepada tiap penyuluh agar proses belajar secara mandiri dapat dilaksanakan, baik itu pembelajaran di tiap madrasah maupun pengajian. Jadi ada list di grup WhatSapp masing-masing kelompok itu bisa menyelesaikan tadarus dan khatam Alquran. Ada juga di beberapa madrasah yang menerapkan pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan Prokes,” imbuhnya.

Disisi lain, Kemenag Konsel saat ini fokus pelayanan nikah dan Haji. Untuk nikah sambung Joko, pihaknya memberikan peningkatan
kompetensi layanan penghulu kepada 22 KUA di Konsel. Termasuk pelayanan bagi masyarakat penyandang disabilitas. “Kedua layanan haji, kita membantu pendaftaran layanan haji yang sudah punya niat dan kemampuan. Seperti halnya yang saat ini sementara berjalan. Sedikitnya ada 72 Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan diberangkatkan tahun ini, sementara latihan kebugaran fisik,” terangnya.

Sementara program lainnya, lanjut Joko yakni mengoptimalkan program madrasah “Go green”. Go green tersebut yakni gerakan penghijauan di lingkup madrasah dengan menanam pohon. “Ini merupakan program Kemenag RI yang telah dilaunching Kanwil Kemenag Sultra bersama Gubernur beberapa waktu lalu. Tujuannya agar anak sekolah bisa nyaman dan sejuk, ketika pembelajaran tatap muka dibuka kembali setelah adanya rekomendasi dari Bupati. Dari hasil tinjauan kami, beberapa sekolah sudah mengimplementasikan program tersebut,” tutupnya. (kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy