Nakes Tetap jadi Prioritas, 22 Ribu Dosis Vaksin Tahap II – Kendari Pos
Metro Kendari

Nakes Tetap jadi Prioritas, 22 Ribu Dosis Vaksin Tahap II

KENDARIPOS.CO.ID — Perang terhadap covid terus dilakukan. Tidak hanya memperketat protokol kesehatan (Prokes), pemerintah terus mengoptimalkan vaksinasi. Di Sultra, penyaluran vaksin telah masuk tahap II. Kali ini, Sultra kebagian 22.960 dosis vaksin merk sinovac. Rencananya, vaksin ini tetap diperuntukan bagi tenaga kesehatan (Nakes). Hanya saja, distribusi vaksin produk Tiongkok ini tetap menunggu instruksi pemerintah pusat.

“Nakes tetap menjadi prioritas. Sebab untuk vaksin tahap awal belum cukup memenuhi kebutuhan para Nakes yang ada di wilayah Sultra,” beber Hj Usnia, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra.

Saat ini, pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Pasalnya, informasi vaksinasi semuanya terpusat di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Untuk saat ini, vaksin yang dikirim masih disimpan di ruang khusus atau cool room di kantor Dinkes Sultra.

“Pelaksanaan vaksinasi dikhususkan untuk Kota Kendari dan Konawe. Untuk wilayah lain di Sultra, kami masih menunggu petunjuk pusat,” ujarnya.

Dari hasil pendataan, sebanyak 21,243 Nakes di Sultra. Dari jumlah sasaran itu yang telah diregistrasi ulang sebanyak 5.571 orang. Namun yang bersedia divaksin hanya 5.336 orang Sementara sisanya sebanyak 235 berhalangan untuk divaksin dengan berbagai alasan.

“Nakes yang gagal divaksin sebagaian besar karena hipertensi. Selain itu, ada pula menderita penyakit kronis, sedang menyusui, hamil, penyintas Covid-19, menderita diabetes, penyakit paru kronis, jantung, kanker, dan penyakit ginjal,” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy