MAN IC Kendari Lahirkan Siswa Berprestasi, Berkompetisi di Kancah Nasional dan Internasional – Kendari Pos
Nasional

MAN IC Kendari Lahirkan Siswa Berprestasi, Berkompetisi di Kancah Nasional dan Internasional


KENDARIPOS.CO.ID — Tatanan dunia pendidikan yang super kompetitif, menuntun wadah pembelajaran formal agat lebih kreatif dan inovatif dalam melahirkan sistem akademik yang berkualitas. Semata bermuara pada terciptanya sumber daya manusia unggul dibidangnya dengan wawasan yang luas, sebagai amunisi kuat untuk mengukir prestasi. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari menerapkan metode dan sistem belajar yang berbobot tinggi. Tak heran siswa dan siswinya kerap kali mengukir prestasi nasional hingga kancah internasional.

Kepala MAN IC Kendari, Dr.Abdul Basit, S.Ag., M.M mengatakan, dalam menstimulus kualitas siswa dalam belajar, pihaknya menyediakan berbagai sarana dan prasarana penunjang yang canggih. Diantaranya laboratorium terpadu, perpustakaan dua lantai, asrama berkapasitas 300 penghuni, restoran, gedung pusat pelayanan terpadu, gedung pelayanan keagamaan dua lantai.

Di lantai satu sebagai masjid dan lantai dua adalah laboratorium PAI (Pendidikan Agama Islam). Di ruang laboratorium PAI sebagai wahana dilaksanakam praktikum haji, umrah. Tersedia pula studio sejarah Islam, ruang kajian kitab kuning, perpustakaan Islam.

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (dua dari kanan), Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (kiri), Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr.Abdul Basit (tiga dari kiri) usai kunjungan di Graha Pena Kendari Pos, Kamis (7/1) kemarin.

“Kami juga menyediakan gedung pusat pelayanan siswa. Semua bakat, minat siswa ada semua. Masing-masing memiliki skill atau keterampilan khusus yang fokus pada satu saja. Agar pilihan minat atau bakat yang dikembangkan menjadi fokus terasah, kuat dan benar-benar ahli di bidang tersebut,” kata Abdul Basit saat tampil di program Bincang Kita Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos Lantai II, Kamis (7/1) kemarin.

Tak hanya itu, kata dia, MAN IC Kendari juga menyediakan studio musik dan roadcase. Ini sebagai bentuk totalitas dalam menyediakan fasilitas belajar siswa agar terbentuk kualitas maksimal dan siap berkompetisi menorehkan prestasi. Dan melalui metode pembelajaran tersebut terbukti membuahkan hasil positif. Salah satunya dua siswa yang berbakat di bidang literasi berhasil membuahkan karya. Persembahan karya siswa itu kini didokumentasikan dalam bentuk 4 buah buku.

Dr. Abdul Basit menjelaskan, siswa MAN IC Kendari telah banyak mengukir prestasi diajang lomba nasional. Tahun 2019 lomba olimpiade sains nasional di bidang kimia, siswa MAN IC berhasil merengkuh medali perunggu. Merupakan kado terindah bagi Sulawesi Tenggara, karena satu-satunya medali yang di bawa pulang saat itu.

Pada kompetisi sains nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama, MAN IC Kendari tiga tahun berturut-turut meraih medali. “Siswa kami juga pernah mengikuti Hongkong International Olimpiade. Mengikuti pertukaran belajar di Amerika. Ada tiga siswa yang berpartisipasi. Kegiatan lainnya yang diikuti yakni Korea Jambore tahun 2018, Jambore Asia-Pasifik di Mongolia tahun 2017, jambore Internasional di Malaysia 2016,” bebernya.

Pencapaian tersebut, tidak akan membuat siswa MAN IC Kendari berpuas diri. Tahun 2021 ini, target besar yang ingin dicapai yakni mengukir prestasi internasional. Jenjangnya terlebih dahulu berprestasi nasional, setelah itu diseleksi dan berikutnya melangkah ke lomba internasional.

“Melalui sistem belajar yang kuat, disiplin, serta komitmen yang tinggi, optimis maka misi besar bida terwujud dengan baik. Selain itu kami meminta dukungan dari semua pihak, khususnya pemerintah Kota Kendari maupun Provinsi Sultra untuk mensuport perjuangan para siswa-siswi untuk menjadi sumber daya manusia yang gemilang sebagai aset masa depan memajukan bangsa dan negara,” tandas Dr.Abdul Basit.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan Kendari Pos siap mendukung segala aktivitas akademik MAN IC Kendari. Khususnya pada ruang publikasi kegiatan akademik, ataupun perihal lain yang bisa memberikan manfaat di tengah masyarakat. Karena salah satu tugas dan fungsi media adalah fungsi pendidikan.

“Salah satu prinsip yang diterapkan Kendari Pos saat ini adalah jurnalisme ilmu. Artinya, gugusan berita yang disajikan wajib berbasis ilmu. Misalnya dalam bentuk analisis pada obyek tertentu. Dengan metode tersebut, menjadikan berita tidak lekang ditelan masa. Selalu akan relevansinya hingga sampai kapanpun. Inilah intisari pentingnya jurnalisme ilmu,” kata Irwan Zainuddin. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy