Malas Berkantor, Gaji ASN Terancam Ditunda – Kendari Pos
Metro Kendari

Malas Berkantor, Gaji ASN Terancam Ditunda

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) tak menjadikan pandemi sebagai alasan tak berkantor. Kebijakan Pemprov yang memberikan kelonggaran berkantor harus direspon dengan kinerja. Pasalnya, kelonggaran ini semata-mata untuk memudahkan pelaksanaan tugas ASN. “Saya kira pemerintah sudah memberikan toleransi. Jadi, jangan dijadikan alasan bermalas-malasan. Bagi ASN yang ketahuan membolos, kami tidak akan segan-segan memberi sanksi. Minimal penahanan gaji, pemotongan Tunjangan Penambah Penghasilan (TPP) dan penundaan kenaikan pangkat,” tegas Wagub.

Dalam regulasi terbaru, pejabat pembina kepegawaian (PPK) diberikan ruang menindak tegas ASN maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang tidak disiplin. Penegasan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 1 tahun 2021. Atas dasar itu, ia mengingatkan jajaran pegawai tetap disiplin dan menjalankan tupoksinya.

“Untuk jadwal masuk kantor, kami masih melakukan pembatasan untuk menghindari kerumunan di ruang kerja. Namun ASN tetap diharuskan masuk kantor. Kalau berhalangan, harus ada izin resminya dan ke luar daerah. Begitupun ketika sakit. Jadi, semuanya harus diketahui atasannya langsung,” jelas mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini. Sejauh ini lanjut mantan Bupati Konawe dua periode, pihaknya tetap melakukan pengawasan.

Inspeksi mendadak (Sidak) masih rutin dilakukan termasuk pengecekan absensi kehadiran. Namun diakuinya, sejak pandemi covid-19 masih banyak ASN yang sering datang terlambat. “Alhamdulillah, semua absensinya tetap jalan. Banyak ASN yang telah ke kantor beberapa menit. Tapi tetap kita maklumi asal tidak dilakukan terus menerus dan berulang. Intinya, kalau melanggar tetap akan kena sanksi,” tandas Ketua DPD PDI-Perjuangan Sultra ini. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy