Makin Kompak dan Produktif – Kendari Pos
Buton

Makin Kompak dan Produktif

KENDARIPOS.CO.ID — Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tahun 2021 digelar serentak secara nasional (5/1). Di Kabupaten Buton seremoni itu dipusatkan pada pelataran kantor Kemenag di Pasarwajo. Wakil Bupati Buton, Iis Elianti bertindak sebagai inspektur upacara di hadapan keluarga besar Kemenag setempat. Wabup Buton yang membacakan amanat tertulis Menteri Agama, Yaqut Cholis Qoumas, menyampaikan semangat Kemenag kini mulai digaungkan. Hal itu dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. “Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” katanya, kemarin.

KOMPAK DAN PRODUKTIF : Wabup Buton, Iis Elianti saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan HAB ke-75 Kemenag, kemarin. Di Buton Selatan, sejumlah ASN mendapat penghargaan satya lencana dalam seremoni serupa.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Penekanan moderasi beragama antara lain adalah pada aspek penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, mengokohkan persaudaraan. “Ini meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se-Tanah Air, dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” lanjut mantan anggota DPRD Buton ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Buton, H. Mansur, menyebut, seluruh rangkaian peringatan HAB tahun ini sukses dilaksanakan dan membuat jajarannya semakin kompak dan produktif. “Akhir Desember kemarin kita sudah gelar kegiatan pendahuluan lomba olahraga, anjangsana, berbagi dengan honorer. Puncaknya hari ini, upacara. Ini membuat tali silaturahim kita semakin kokoh, kita semakin kompak dan produktif,” katanya.

Dia juga memastikan, peringatan HAB tahun ini, dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini. Subtansi dari seremoni itu kata dia bukanlah seberapa banyak orang yang hadir, tetapi makna hakiki dari peringatan HAB Ke-75 adalah bagaimana tetap menjaga keselarasan hidup bergama di tanah Wolio. “Mari jadikan HAB tahun ini, momen stategis menghadirkan Kementerian Agama di tengah umat”, ajaknya.

Di akhir kegiatan upacara peringatan HAB itu wakil bupati didampingi kepala kantor Kementerian Agama menyerahkan penghargaan Satyalencana Karya pada sembilan pegawai yang mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.
Sementara di Buton Selatan, penyelenggaraan upacara HAB Kemenag juga berlangsung khidmat. Dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekab), La Siambo, turut pula diramaikan oleh para pelajar setempat.
Selain menyampaikan sambutan tertulis Menag, La Siambo juga memberikan apresiasi terhadap kontribusi Kemenag Busel dalam pembangunan daerah.

“Saya mewakili Pemkab Busel dan pribadi mengucapkan selamat hari amal bakti Kemenag. Kehadiran Kemenag sudah memberikan kontribusi luar biasa untuk daerah, banyak program yang membangun sumber daya manusia kita, termasuk juga melahirkan generasi islami untuk masa depan daerah dan bangsa,” katanya.
Tak berbeda dengan Buton, Kemenag Busel juga dihuni oleh aparatur yang menjunjung tinggi lima budaya kerja. Sejumlah pegawai juga meraih penghargaan satyalencana karya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy