Mahasiswa UMK Raih Juara 1 Lomba Orasi Nasional – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa UMK Raih Juara 1 Lomba Orasi Nasional

Agus Alvia SM Nur saat mengikuti lomba orasi tingkat nasional yang dilakukan secara online.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) patut berbangga. Itu setelah salah satu mahasiswanya, Agus Alvia SM Nur, berhasil meraih juara I tingkat nasional.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum UMK ini, sukses memperoleh nilai tertinggi dalam lomba Orasi Bintang Orator (LOBO) Parlemen, yang diselenggarakan oleh DPR RI.

Rektor UMK, Amir Mahmud, M.P, mengapresiasi pencapaian mahasiswanya tersebut.

“Alhamdulillah satu lagi mahasiswa kami meraih prestasi di tingkat nasional. Ini merupakan sebuah lonjakan prestasi, meskipun dengan kondisi yang serba terbatas seperti saat ini. Tetapi seluruh mahasiswa tidak patah semangat untuk terus menimbah ilmu, serta terus berkreasi dan berinovasi. Kami berharap ini akan menjadi sebuah langkah yang baik, untuk menyongsong berbagai prestasi yang lebih baik lagi,” ungkap Amir, pekan lalu.

Sementara itu, Agus menuturkan, rasa syukurnya atas raihan prestasi yang tentu saja membanggakan daerahnya, Sulawesi Tenggara. “Alhamdulillah senang dan bangga karena dari 230 peserta dari seluruh Indonesia, kita bisa meraih juara pertama dan mendapat kesempatan orasi di hadapan anggota Baleg DPR RI via Zoom, serta bisa membawa piala dan penghargaan untuk UM Kendari, merupakan sebuah hal yang menakjubkan bagi diri saya,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaanya ada beberapa kendala, terutama masalah mental. “Ini adalah lomba baru pertama yang saya ikuti, jadi masalah utamanya di mental, akan tetapi itu tidak menjadi sebuah halangan, melainkan jadi motivasi bagi saya sendiri, untuk terus bisa memberikan yang terbaik. Terlebih didukung dengan dosen-dosen yang berkompeten sehingga menjadi juara merupakan sebuah hasil yang sangat membanggakan bagi saya dan jika UMK sendiri,” paparnya.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya berharap, ke depannya para pemenang Lomba Orasi Bintang Orator (LOBO) yang diselenggarakan Radio Parlemen, Bagian Televisi dan Radio (RTV) Parlemen, Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI, bisa menggunakan sosial media dengan baik. 

“Mereka harus bisa memberikan  edukasi kepada masyarakat luas. Sehingga ke depannya masyarakat memahami bahwa DPR RI, adalah lembaga yang terbuka untuk rakyat dan siapa pun dapat berpartisipasi dengan penuh tanggung jawab,” ucapnya.

Untuk diketahui, LOBO kali ini dilaksanakan secara virtual. Dengan pelaksanaan lombanya, peserta yang mengikuti lomba harus mengirimkan rekaman orasinya dalam format video, dengan tema orasi ditetapkan sesuai agenda setting dewan dengan tetap memperhatikan kepentingan masyarakat. Peserta memilih salah satu diantara tiga tema yang masuk Prolegnas Prioritas 2020, yaitu mengenai RUU Daerah Kepulauan, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga serta RUU tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. (ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy