Lukman Abunawas Siap Tarung Pilgub – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Lukman Abunawas Siap Tarung Pilgub

KENDARIPOS.CO.ID — Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas memastikan diri siap bertarung di palagan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra tahun 2023. Lukman Abunawas percaya diri menatap Pilgub Sultra. Dia punya nama besar sebagai Wakil Gubernur Sultra, mantan Sekda Provinsi, mantan Bupati Konawe dua periode dan Ketua PDIP Sultra.

Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas yang juga Ketua PDIP Sultra (tiga dari kanan), Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (tiga dari kiri), Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (dua dari kanan), Biro Direksi Kendari Pos, Sawaluddin Lakawa (kanan), pengurus PDIP Sultra, Agus Sana’a (dua dari kiri) dan pengurus PDIP lainnya usai Bincang Pagi di kanal youtube Kendari Pos Channel, Senin (11/1).

Deretan kapasitas, pengalaman di bidang pemerintahan dan memimpin parpol menjadi modal kuat bagi seorang Lukman Abunawas. PDIP Sultra yang dipimpin Lukman Abunawas punya lima kursi di DPRD Provinsi Sultra. Jika regulasi pilkada belum berubah, setiap pasangan calon mesti diusung minimal sembilan kursi parpol di DPRD Provinsi Sultra. Itu artinya jika PDIP mengusung Lukman Abunawas, maka mesti membangun koalisi dengan parpol lain. Masih butuh empat kursi lagi.

“Saya siap maju di pilgub nanti. Dengan menjadi gubernur maka ruang untuk bekerja menyejahterakan masyarakat terbuka lebih luas. Sehingga harapan agar Sultra terus bergerak maju dapat kita wujudkan bersama. Karena poin itulah sebagai salah satu intisari menjadi seorang pemimpin,” kata Lukman Abunawas saat menjadi pembicara di kanal youtube Kendari Pos Channel di lantai II Graha Pena Kendari Pos, Senin (11/1) kemarin.

Ketua DPD PDIP Sultra itu mengatakan kesiapan tarung di gelanggang Pilgub butuh persiapan ekstra dan kesiapan itu dilakukan jauh sebelum tiba masanya Pilgub. Sehingga jika telah tiba saatnya, komponen kekuatan, mesin politik telah matang dan kuat. Menurutnya, untuk meraih simpati rakyat, seorang figur harus konsisten bekerja untuk masyarakat. Berbuat sebanyak dan seluas mungkin untuk masyarakat. Makanya sangat penting menyerap aspirasi rakyat.

Lukman Abunawas meyakini jika strategi itu sudah ditunaikan, maka akan meninggalkan legacy yang akan memantik penilaian positif publik. Sebab, rakyat merasakan perubahan atas pembangunan sehingga melahirkan simpati. “Hari ini saya aktif sebagai Wakil Gubernur Sultra. Dedikasi bekerja tulus dan ikhlas semata untuk masyarakat. Totalitas dan maksimal. Selanjutnya biar rakyat yang menilai,” terangnya.

Berbagai langkah politik menatap Pilgub telah dilakukan Lukman Abunawas. Sebut saja, mengokohkan tim pemenangan, konsolidasi partai dan komitmen bekerja inovatif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kekompakan menjadi denyut nadi kekuatan dan keberhasilan misi politik. Sehingga kekuatan tersebut kian membesar dari waktu ke waktu karena disemai sejak dini. Pada akhirnya ketika kontestasi Pilgub tiba, tinggal mengepalkan simpul-simpul kekuatan yang telah dirangkai sekian lama.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas menegaskan Provinsi Sultra kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Potensi ini mesti dimanfaatkan optimal. Jika itu terwujud maka untuk melahirkan kemakmuran masyarakat dan kemajuan daerah akan menjadi sebuah keniscayaan. Makanya tatanan pengelolaannya harus inovatif dan seluruh stekaholder wajib bersinergi, baik pemprov Sultra, OPD, Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, kaum milenial dan masyarakat pada umumnya.

“Bukan hal mustahil ke depan Sultra akan menjadi daerah yang sangat maju. Nomor satu di kawasan Indonesia timur. Semua itu tergantung tekad kita semua. Khususnya dalam menyikapi berbagai masalah demi menciptakan perubahan yang konstruktif,” jelas mantan Bupati Konawe dua periode itu.

Lukman Abunawas juga mengulas kejayaan PDIP Pilkada serentak tahun 2020.
Bagi Lukman, kemenangan di lima daerah pilkada serentak menjadi pencapaian gemilang dan tangga politik menyongsong pemilihan di masa mendatang. Para kampiun usungan PDIP di Pilkada mengubah peta politik di Sultra yang selama ini didominasi parpol lain.

“Ini menunjukkan pengaruh PDIP menguat. Pencapaian besar tersebut mesti dirawat dan terus di tumbuhkan. Agar kedepan bisa meraih kemenangan yang lebih besar,” tegas Lukman Abunawas.

Di Pilkada Muna, kader sekaligus Ketua Bappilu DPD PDIP Sultra, Rusman Emba unggul. Ketua DPC PDIP Wakatobi, Haliana sukses mematahkan dominasi petahana. Di Pilkada Koltim, Samsul Bahri Madjid yang berduet dengan Andi Merya Nur, menumbangkan petahana. Sedangkan di Pilkada Konut, usungan PDIP duet Ruksamin-Abuhaera berhasil mengungguli rivalnya. Begitu pula di Pilkada Konkep, paslon usungan PDIP duet Amrullah-Andi Muhamad Luthfi unggul dari tiga kompetitornya.

PDIP Sultra juga mulai menyusun strategi politik dan mempersiapkan kader bertarung di Pilkada berikutnya yang di prediksi digelar 2022 mendatang. Ditinjau dari sisa masa jabatan, daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2022 yaitu Kota Kendari, Bombana, Kolaka Utara, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah dan Muna Barat. “Jika pilkada akan digelar 2022, kami sudah siapkan kader terbaik yang nanti tampil berlaga,” ujar mantan Sekda Pemprov Sultra itu.

Lukman Abunawas menyebut, PDIP punya misi besar di Pemilu 2024 nanti. PDIP ingin menambah kursi sebanyak-banyaknya di DPRD se Sultra. Untuk mencapai misi itu, berbagai persiapan sedang ditata dengan baik. Terutama menyiapkan para kader terbaik untuk tampil bertarung. Sebagai gambaran, PDIP punya lima kursi di DPRD Provinsi Sultra (lihat grafis). Di daerah, PDIP mengkoleksi delapan kursi di DPRD Buton Tengah. (ali)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy