Lukman Abunawas Lulus Cum Laude, Didapuk Jadi Ketua IKA Alumni Hukum Unsultra – Kendari Pos
Nasional

Lukman Abunawas Lulus Cum Laude, Didapuk Jadi Ketua IKA Alumni Hukum Unsultra

KENDARIPOS.CO.ID — Usia Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas tak lagi muda. Tapi untuk urusan pendidikan, doktor bidang pemerintahan itu mengaku pendidikan tak mengenal batasan usia. Buktinya, di usia 62 tahun, Lukman Abunawas berhasil meraih gelar magister ilmu hukum di Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra). Predikat cum laude dengan Indeks Predikat Kumulatif (IPK) 4.0 pun dalam genggamannya.

Lukman Abunawas bersama enam lulusan magister dan 430 sarjana strata satu (S1) mengikuti prosesi wisuda , Kamis (7/1) kemarin. Mantan Bupati Konawe dua periode itu mengaku tak minder dengan wisudawan lain yang meraih gelar magister di usia muda. Baginya, pendidikan itu tanpa batas dan tanpa mengenal usia. “Saya tidak malu di usia saya ke 62 tahun meraih gelar ini. Mencari ilmu itu tanpa batas dan tanpa akhir. Sekaligus ini sebagai bentuk pengabdian saya kepada Allah SWT,” ujarnya kepada Kendari Pos usai mengikuti wisuda pascasarjana I Unsultra tahun akademik 2020/2021 di Hotel Claro Kendari, (7/1), kemarin.

Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (kiri) memberi ucapan selamat atas gelar magister ilmu hukum yang diraih Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (kanan) di Claro Hotel Kendari, Kamis (7/1) kemarin. Keduanya sama-sama berlatar belakang ilmu
hukum.

Sebagai umat Islam, Lukman Abunawas memegang teguh pesan Rasulullah SAW yakni utlubul ilma minal mahdi ilal lahdi. “Artinya, tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat. Dalam menuntu ilmu, tidak ada batasan usia, karena pendidikan sepanjang hidup kita. Itulah yang menjadi dasar saya terus menuntut ilmu. Saya membagi waktu dalam bekerja, beribadah, keluarga dan menempuh pendidikan,”jelasnya.

Disela kesibukan menunaikan tugas sebagai Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas membagi waktu dengan kuliah. Seluruh aktivitas kuliah tetap diikutinya. “Studi S2 ilmu hukum ini saya tempuh selama 1,8 tahun. Saya mahasiswa yang aktif kuliah. Bahkan semua kegiatan perkuliahan saya ikut demi gelar ini,”ungkapnya.

Atas pencapaiannya ini, Lukman berterima kasih kepada semua pihak Unsultra karena berkat mereka dirinya dan semua wisudawan sampai pada titik saat ini. “Tentu ini juga merupakan kegembiraan yang luar biasa, kami mampu menyelesaikan studi. Atas nama teman-teman wisudawan saya mengucapkan terima kasih kepada rektor dan semua civitas akademika yang telah membimbing kami sampai wisuda, ” kata Lukman Abunawas.

Rektor Unsultra Prof.Dr.Ir.H.Andi Bahrun, MSC., Agric mengatakan, wisuda sarjana XXVI dan pascasarjana I Unsultra tahun akademik 2020/2021 sangat istimewa untuk Unsultra. “Spesialnya karena salah satu wisudawan kami adalah Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Beliau tidak menunjukkan sebagai wakil gubernur, tetapi membawa diri sebagai wisudawan,” ujarnya.

Prof.Andi Bahrun menambahkan, Wagub Sultra Lukman Abunawas didaulat menjadi Ketua Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Hukum dan Pascasarjana Hukum Unsultra. Penunjukan itu merujuk kapasitas Lukman Abunwas yang lulusan S1 hingga S2 Ilmu Hukum di Unsultra.

“Kemajuan perguruan tinggi sangat ditentukan alumninya. Kunci kemajuan Harvard University sebagai perguruan tinggi terbaik dunia karena dukungan alumninya sangat besar. Olehnya itu, Unsultra bisa besar dan maju karena dukungan alumninya, termasuk Wagub Lukman Abunawas,” jelasnya. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy