La Mandi Optimistis Pimpin Kadin Sultra Dua Periode – Kendari Pos
Nasional

La Mandi Optimistis Pimpin Kadin Sultra Dua Periode

KENDARIPOS.CO.ID — Tensi kontestasi pemilihan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara kian tinggi. Dua kandidat, petahana La Mandi dan penantangnya, Anton Timbang sama-sama optimistis meraup suara mayoritas. Sang petahana menegaskan keoptimisannya terpilih dan memimpin Kadin Sultra untuk periode kedua.

LA MANDI
PETAHANA KETUA KADIN SULTRA

La Mandi mengatakan, sejak menakhodai Kadin Sultra periode 2015-2020, ia mampu membawa terobosan besar yang sangat signifikan. Salah satunya membantu Pemerintah Provinsi Sultra dalam menciptakan iklim investasi yang sehat. Dengan tujuan menarik para investor untuk menanamkan sahamnya di bumi anoa. Yang muaranya menyejahterakan masyarakat dan memajukan daerah.

“Sebelum kepemimpinan saya, Kadin Sultra berstatus vakum, sejak 2010-2015. Setelah saya terpilih, secara perlahan melakukan perbaikan baik pada tatanan internal maupun jalinan hubungan komunikasi intens dengan Kadin pusat. Dan hasilnya, Kadin Sultra terus menunjukkan perbaikan dan kemajuan,” kata ketua Kadin Sultra La Mandi saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (6/1) kemarin.

Selain itu, kata dia, awalnya Kadin Sultra tidak memiliki sekretariat atau kantor. Di masa kepemimpinannya berhasil diadakan. Dengan menggunakan dana pribadi. La Mandi begitu mengerti dengan keadaan pemerintah yang dilanda berbagai masalah termasuk Covid-19 yang menguras banyak anggaran.

“Saat ini situasi sosial kita dalam intaian pandemik corona, dan tidak sedikit dana yang di gelontorkan untuk penanganan. Makanya kami atas inisiatif sendiri mengadakan sekretariat sebagai wadah para pengurus memudahkan dalam bekerja,” jelas La Mandi.

Masa lima tahun memimpin Kadin Sultra, La Mandi berhasil membentuk Kadin di 15 Kabupaten/Kota se Sultra melalui musyawarah bersama. Ini merupakan output perbaikan secar gradual. Termasuk dampa sinergi yang sudah terjalin baik dan kuat dengan pemerintah dan Kadin pusat.

“Pencapaian ini wajib dipertahankan dan terus ditumbuhkan. Agar Kadin Sultra bisa memberi kontribusi besar untuk kemajuan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” beber La Mandi.

La Mandi menjelaskan visi menatap Kadin periode 2021-2026 yaitu mensinergikan Kadin Sultra dengan stakeholder lainnya sebagai penggerak ekonomi yang berdaya saing menuju Sultra jaya. Dijabarkan dalam sebuah misi yakni inisiasi penggunaan APBD berbasis investasi untuk menggerakkan potensi kekuatan ekonomi di Sultra. Membuat roadmap ease of doing business atau indeks kemudahan investasi di Sultra periode 2021-2026.

“Struktur komposisi kadin yang kuat di daerah sehingga mitra yang strategis dan efektif bagi pemerintah dan dunia usaha. Mengoptimalkan reputasi dan kemandirian Kadin yang ternama sebagai sebuah organisasi dunia usaha dari segala aspek, baik institusi, keuangan, kepemimpinan, pelayanan masyarakat, dukungan politik, dan kerja sama antara pelaku usaha,” ujar La Mandi.

Kerja sama dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan komunitas bisnis untuk meningkatkan potensi sumber daya alam akan menjadi bagian perhatian utama La Mandi kedepan. Menurutnya, sinergi Kadin bersama serikat pekerja dan dunia pendidikan, menciptakan sebanyak-banyaknya tenaga kerja yang siap pakai, dengan kualifikasi internasional wajib tercipta. Juga bersama pengusaha kreatif, UMKM, generasi muda millennial, agar menciptakan sebanyak-banyaknya inovasi dan teknologi siap pakai.

Selain itu, melakukan upaya konkret realisasi sinergi, percepatan, perbaikan iklim usaha antara Kadin Sultra dengan Pemprov Sultra melalui task force. “Nantinya akan dipimpin langsung oleh Ketua Kadin Sultra dan Gubernur Sultra serta melibatkan seluruh stakeholder forkopimda, dunia usaha, dan serikat pekerja. Menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang memungkinkan, keikusertaan yang seluas-luasnya, bagi pengusaha Indonesia termasuk pengusaha local,” jelas La Mandi.

Merumuskan konsep APBD berbasis investasi untuk di implementasikan di Sultra sekaligus menjawab konsep real pembangunan ekonomi Sultra dengan konsep Garbarata (Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan) khususnya di bidang ekonomi. “Yang paling fundamental juga yakni memperkuat struktur jaringan Kadin di 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra,” tandasnya. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy