KPU Kaji Usulan Calon PAW Senawan – Kendari Pos
Politik

KPU Kaji Usulan Calon PAW Senawan

KENDARIPOS.CO.ID — DPRD Konawe Selatan (Konsel) telah mengirim surat rekomendasi calon Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Konsel, Senawan Silondae ke KPU setempat, 8 Januari. Usulan DPRD itu mencantumkan rekomendasi PDIP Konsel yang menunjuk Ni Gusti Putu Dewi Saputri sebagai calon pengganti Senawan, yang melepas status legislator karena tarung Pilkada serentak.

Aliudin

Ketua KPU Konsel Aliudin menyebut usulan DPRD tersebut tidak memenuhi ketentuan dan bertentangan dengan peraturan KPU Nomor 6 tahun 2017 tentang aturan PAW anggota DPRD kabupaten kota dan provinsi. Sesuai PKPU, syarat pengusulan PAW itu harus peraih suara tebanyak kedua pada daerah pemilihan (Dapil) dan partai yang sama.

“Kalau berdasarkan data KPU hasil Pilcaleg tahun 2019 lalu, urutan kedua dari Senawan itu adalah Sudarmaji R dengan perolehan suara 285 suara. Sementara Dewi Saputri itu berada diurutan ketiga dengan jumlah suara 92,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin, (12/1).

Kata Aliudin, berdasarkan surat DPRD yang melampirkan surat rekomendasi partai tersebut, pihaknya meminta perpanjangan waktu untuk melakukan klarifikasi terhadap pihak terkait. Ada tiga unsur yang harus diklarifikasi, yakni KPU melakukan klarifikasi terhadap ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, peraih suara terbanyak kedua, dan pimpinan partai.

“Kami sudah menyurat ke ketua DPC PDIP dan telah dilakukan klarifikasi. Pihak partai membenarkan bahwa yang ditunjuk adalah Ni Gusti Putu Dewi Saputri. Namun kami masih akan mengklarifikasi kepada yang bersangkutan dan tingkat provinsi. Saat ini sementara berproses, besok (Kamis, red) akan kelar,”ucapnya.

Bila peraih suara terbanyak kedua sanggup mengemban amanah, maka tidak ada alasan bagi KPU untuk menunjuk dibawahnya. Pasalnya berdasarkan ketentuan, anggota DPRD itu bisa diganti mana kala meninggal unia, mengundurkan diri atas permintaan diri sendri, dan cacat hukum atau tidak memenuhi syarat. “Ketua partai menyebut Sudarmaji sedang sakit, dan KPU masih akan klarifikasi langsung kepada yang bersangkutan. Kalau sudah ada pernyataan resmi Sudarmaji, baru kita simpulkan terkait siapa nanti yang akan kita usulkan jadi PAW,” pungkasnya. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy