Konsisten Menata Kendari, Sulkarnain Blusukan Serap Aspirasi Warga – Kendari Pos
Metro Kendari

Konsisten Menata Kendari, Sulkarnain Blusukan Serap Aspirasi Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir punya kepedulian tinggi terhadap warganya. Dia tak ingin kesulitan warga di masa pandemi Covid-19 bertambah dengan masalah lain. Sebut saja persoalan kondisi infrastruktur yang dimungkinkan tak mendukung mobilitas warga.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan bantuan dana pembangunan masjid di kawasan Kambu, Minggu (10/1) kemarin.

Saat blusukan di Kelurahan Kambu, kemarin, Wali Kota Sulkarnain Kadir menegaskan komitmennya membangun infrastruktur jalan dan mencegah banjir melanda Kota Kendari. Termasuk kondisi jalan di Kelurahan Kambu. Bagi wali kota yang karib disapa Sul itu, melalui pertemuan tersebut, dia dapat menyerap aspirasi warga dan menuntaskannya sesegera mungkin.

Dalam pertemuan tersebut, salah seorang warga Kambu, Asyad Alastum mengeluhkan kondisi jalan yang mulai rusak serta banjir yang kerap melanda kawasan Kambu dikala musim penghujan tiba. “Kami harap bapak wali kota bisa segera melakukan pembenahan,” kata Arsyad, Minggu (10/1) kemarin.

Merespons aspirasi warga Kambu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengaku akan segera membenahi beberapa objek dimaksud. Seperti perbaikan jalan dan pembenahan sungai yang ada di kawasan Kambu. “Kondisi jalan ini semakin ramai, semakin tinggi arus lalulintasnya. Sehingga kondisinya perlu dibenahi. Mudah-mudahan ini bisa kita eksekusi secepatnya,” kata Sulkarnain Kadir.

Sulkarnain meluruskan informasi bahwa Kelurahan Kambu sering dilanda banjir dikala musim penghujan tiba. Menurutnya itu hanya genangan air yang dipicu saluran air dan sungai yang kurang berfungsi dengan baik.

Lanjut dia, pihaknya sejak Juni 2020 sudah merevitalisasi sungai Kambu. Adapun revitalisasi yang dimaksud yakni dengan membangun pengaman tebing (tanggul) yang berfungsi menghalau luapan banjir supaya tak langsung kepemukiman warga. Tanggul tersebut juga sangat efektif untuk mencegah tanah longsor dibantaran sungai.

“Insya Allah kita akan upayakan tidak ada genangan lagi. Saat ini sedang proses pengerjaan. Memang belum tuntas, tetapi kita sudah mulai penanggulangannya,” kata Sulkarnain.

Kendati masih dalam tahap pembangunan, Sulkarnain meminta warga Kambu pasca hadirnya tanggul kedepan untuk senantiasa merawat dan memelihara bangunan yang ada. “Saya minta warga mengawasi yang lain untuk tidak mendirikan bangunan di dekat bantara sungai karena akan mempengaruhi kondisi sungai,” tuturnya.

“Selain itu, cara kita merawatnya adalah dengan menjaga keebersihan. Kadang kita lupa. Ingin praktis. Ingin gampangnya saja buang sampah sembarangan. Langsung buang dikali. Jangan jadikan sungai kita ini sebagai tempat membuang sampah supaya tidak banjir, supaya tanggulnya tahan lebih lama,” kata Sulkarnain.

Pada kesempatan itu, Sulkarnain mengapresiasi warga Kelurahan Kambu yang mau menyalurkan aspirasi kepada pemerintah. Dia berharap warga tak sungkan untuk menyampaikan saran, masukan atau bahkan kritikan terhadap pemerintah.

“Kami akan selalu siap berinteraksi, berkomunikasi dengan masyarakat. Kita mendengar langsung aspirasi masyarakat, mengetahui langsung kondisi masyarakat, seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Sulkarnain.

Diakuinya, aspirasi tidak bisa dipenuhi saat itu namun minimal Pemkot mengetahui masalah yang dihadapi warga Kota Kendari. “Minimal kita bisa mengatur yang mana dulu diselesaikan lalu kita komunikasikan dengan pihak lain untuk memenuhi harapan masyarakat,” pungkasnya.

Sekedar informasi, saat blusukan di Kelurahan Kambu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyerahkan bantuan dana pembangunan masjid. Sulkarnain Kadir juga menawarkan program Kendari Terang kepada warga. Program tersebut diharapkan bisa menerangi beberapa titik di kawasan kambu sehingga bisa meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas dan mencegah aksi kriminalitas. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy