Konawe Terima Hibah IPLT – Kendari Pos
Konawe

Konawe Terima Hibah IPLT

Sekab Konawe, Ferdinand Sapan (kemeja coklat) didampingi Kepala BPPW Sultra Mustaba (kiri) melakukan pemotongan pita di acara penyerahan hibah IPLT Konawe yang berada di kecamatan Tongauna.

KENDARIPOS.CO.ID — Persoalan sanitasi di Konawe telah bisa teratasi dengan baik. Di awal tahun 2021 ini, pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe mendapat kado dari Kemen-PUPR berupa hibah pengelolaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT), berlokasi berada di kecamatan Tongauna. Duet Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara sudah bisa sedikit lega menangani masalah sanitasi warganya lewat pengoperasian IPLT tersebut.

Kepala BPPW Sultra, Mustaba disaksikan Sekab Konawe, Ferdinand Sapan (kemeja coklat) menandatangani prasasti.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, IPLT bertujuan untuk meningkatkan layanan sanitasi sebagai salah satu pelayanan dasar kepada masyarakat dalam rangka menciptakan kondisi lingkungan yang bersih. IPLT yang dibangun lewat duit APBN sebesar Rp 5 Miliar itu, katanya, akan menjadi solusi terhadap permasalahan limbah di Konawe, khususnya warga di jantung kota Unaaha dan sekitarnya.

“Memang saat ini permasalahan sanitasi belum terlalu kita rasakan. Tapi lima atau sepuluh tahun kedepan, ini bisa menjadi masalah baru. Makanya, dengan adanya IPLT Konawe ini, urusan limbah tinja masyarakat bisa segera tertangani dengan baik,” ujar Bupati Konawe dua periode itu, diwawancarai beberapa waktu lalu.

IPLT Konawe berada di lahan seluas 3 hektar di kelurahan Mataiwoi. Pembangunannya dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sultra ditahun 2020 lalu. Pasca rampung, bangunan itu telah dihibahkan ke pemkab Konawe, tepatnya Kamis (7/1). Serah terima pengelolaan IPLT itu ditandai penandatanganan prasasti hibah yang dilakukan Kepala BPPW Sultra Mustaba dan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang diwakili Sekretaris Kabupaten (Sekab), Ferdinand Sapan.

Mewakili Bupati Konawe, Sekab Ferdinand Sapan mengaku akan segera menyusun formulasi pengelolaan IPLT lewat produk legislatif berupa peraturan daerah (perda). Pemkab Konawe pun sudah memproyeksi, IPLT yang dihibahkan BPPW Sultra itu bisa menjadi sumber pemasukan baru untuk meraup pendapatan asli daerah (PAD).

Sekab Konawe Ferdinand Sapan (kemeja coklat) melihat sistem pengelolaan sanitasi di IPLT Konawe.

“Kita akan rembukkan dulu. Bisa jadi kita buatkan UPTD dalam hal pengelolaannya. Yang jelas, kita akan godok dulu regulasinya,” ungkap Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konawe itu.

Ferdinand menyebut, IPLT Konawe nantinya mekanismenya akan dilakukan dengan cara jemput bola. Maksudnya, masyarakat yang ingin menyedot limbah septic tank, tinggal melapor ke pihak pemkab saja. Hanya saja untuk saat ini, Pemkab Konawe mengakui masih belum memiliki armada tangki tinja untuk mengangkut limbah warga ke IPLT. Keterbatasan kendaraan tersebut, sambungnya, bakal segera diatasi dengan menyiapkan anggaran pengadaan armada tangki tinja pada tahun ini.

“Mungkin terealisasi di APBD-Perubahan 2021. Kita akan cek dulu harga armadanya berapa duit. BPPW Sultra juga akan menghibahkan satu unit kendaraan tangki tinja untuk Konawe. Rencananya tahun 2021 ini, tapi kita belum tahu kapan tanggal pastinya,” ungkapnya.

Kepala BPPW Sultra, Mustaba, mengatakan, IPLT Konawe dibangun diatas areal seluas 3 hektar yang berada di kelurahan Mataiwoi kecamatan Tongauna. Lahan tersebut, katanya, merupakan tanah yang sengaja disiapkan pemkab setempat untuk dijadikan kawasan pembuangan limbah tinja secara terpadu. “Areal IPLT ini cukup luas. Bisa melayani seluruh masyarakat Konawe,” kata Mustaba.

Mustaba menuturkan, IPLT sangat urgen dalam mengatasi persoalan sanitasi di Konawe. Apalagi, masalah limbah tinja di wilayah tersebut memang sangat mendesak untuk diatasi. “Mudah-mudahan IPLT ini bisa membantu pemkab Konawe dalam menuntaskan persoalan pembuangan limbah yang dihasilkan masyarakat,” tambahnya. (b/adi/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy