Ketua DPRD Sultra : Kendari Pos Rujukan DPRD Serap Aspirasi Rakyat


KENDARIPOS.CO.ID — Berbeda tapi satu tujuan. Harian Kendari Pos dan DPRD Provinsi Sultra adalah dua lembaga berbeda. Namun peran keduanya bermuara pada satu tujuan, yakni terciptanya tatanan pembangunan dan peradaban daerah ke arah lebih baik. Kendari Pos sebagai media massa (pers) dan DPRD sama-sama punya peran pengawasan yang terlegitimasi oleh undang-undang.

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (kiri) menerima cendera mata dari Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh (kanan) usai kunjungan silaturahmi di Kantor DPRD Sultra, Senin (18/1) kemarin.

Pengawasan atau kontrol sosial yang diperankan Kendari Pos dan DPRD Sultra tentunya untuk memastikan kebijakan pembangunan oleh pemerintah berpihak kepada kemakmuran rakyat.

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh mengatakan media massa memiliki peran strategis menyampaikan informasi capaian hasil pembangunan dan pelayanan pemerintah kabupaten atau kota yang ada di Sultra kepada masyarakat. Menurutnya, adalah sangat ideal Kendari Pos dan DPRD Sultra berkongsi membangun daerah sesuai tupoksi masing-masing.

“Saya berharap sinergisitas DPRD Sultra dan Kendari Pos terjali erat untuk sama-sama melangkah membangun Sulawesi Tenggara. Sebab, media massa (Kendari Pos) dan DPRD sama-sama memiliki tanggung jawab sosial bagi masyarakat dan daerah,” ujar Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh saat berdiskusi dengan Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin di ruang kerjanya, Senin (18/1) kemarin.

Abdurrahman Shaleh menegaskan akan meningkatkan kualitas DPRD Sultra agar kongsi membangun daerah bersama Kendari Pos semakin berkualitas pula demi Sultra yang lebih baik.

“Media massa seperti Kendari Pos ini sangat penting untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pembangunan Sultra. Melalui pemberitaan yang dirilis Kendari Pos, masyarakat mendapatkan informasi berkaitan dengan pembangunan baik itu di kota maupun di desa,” ungkap Abdurrahman Shaleh didampingi Sekretaris DPRD Sultra, Trio Prasetyo Prahasto.

Ketua DPW PAN Provinsi Sultra itu mengaku sangat terbantu dengan pemberitaan Kendari Pos yang menginspirasi. Informasi yang disajikan media massa sekaliber Kendari Pos menjadi rujukan Abdurrahman Shaleh dalam melakukan pengawasan dan menyerap aspirasi rakyat. “DPRD sebagaimana tugas dan fungsi pengawasan dapat menindaklanjuti informasi yang disampaikan media massa, khususnya Kendari Pos,” imbuhnya.

Publikasi media massa pun sangat penting sehingga kerja-kerja DPRD Sultra diketahui konstituen anggota DPRD. Terutama tugas DPRD sesuai fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan.
“Tanpa kehadiran media massa, kegiatan wakil rakyat tidak akan terpublikasi, karena itu kami senantiasa mendukung kerja-kerja media yang menyampaikan berita kepada rakyat,” tegas Abdurrahman Shaleh.

Akurasi informasi yang disampaikan Kendari Pos menjadi tambahan “nutrisi” referensi bagi Abdurrahman Shaleh terkait ragam potensi yang dimiliki daerah. Berbekal informasi itulah, dia dapat memaparkan potensi komoditas Sultra yang dapat lebih dikembangkan sekaligus referensi pihak luar (Baca : investor).

“Selain itu, media massa juga sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat tentang kegiatan program pembangunan yang disusun, maupun dilaksanakan pemerintah,” papar Abdurrahman Shaleh.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan Kendari Pos akan selalu ada dalam garis sejarah perjalanan kemajuan Sulawesi Tenggara. Dia berharap sinergi Kendari Pos dan DPRD Sultra terus terjaga dan tetap kokoh. Sinergisitas itu terjaga dalam derap langkah yang sama yakni membangun daerah.

“Kendari Pos terus meningkatkan kualitas sajian informasi. Jauh dari berita hoaks sesuai tagline Kendari Pos, Santun dan Menginspirasi. Kemasan pemberitaan berlandaskan paradigma good news is the best news,” ujar Diurt Kendari Pos Irwan Zainuddin didampingi Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi, Wakil Direktur Keuangan, Personalia dan Umum Agus Tranhadi dan Manajer Iklan/Sponsorship, Awal Nurjadin. (ndi/b)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.