Kesadaran Warga Kendari Membaik, Pelanggar Prokes Menurun – Kendari Pos
Metro Kendari

Kesadaran Warga Kendari Membaik, Pelanggar Prokes Menurun

KENDARIPOS.CO.ID — Kesadaran warga Kota Kendari mulai membaik. Pekan kedua Januari 2021, jumlah pelanggar protokol kesehatan (prokes) menurun dibanding pekan kedua periode Desember 2020. Hingga kini, pelanggar prokes sebanyak 93 orang. Jauh lebih sedikit dibanding periode bulan lalu sebanyak 200 pelanggar.

Ketua Tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 AKP Yusuf Muluk Tawang mengatakan warga Kendari mulai menyadari pentingnya prokes. Berdasarkan pantauannya, warga sudah menerapkan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak selama berktifitas. Kendari demikian, Yusuf tak memungkiri, setiap harinya juga masih ada beberapa warga yang abai terhadap prokes. Namun jumlahnya tidak terlampai banyak seperti bulan sebelumnya. “Yang melanggar tentunya kami tindaki. Ada sanksi sosial yang kami berikan seperti menghafal pancasila sebagau dasar negara dan ada juga yang kita berikan sanksi push up. Tujuannya tentu agar membuat mereka jera dan tidak mengulangi perbuatannya,” jelasnya.

Dia mencontohkan, pada 17 Januari (kemarin), pihaknya berhasil menjaring 26 pelanggar prokes dibeberapa titik keramaian di Kota Kendari. Rinciannya, 3 orang terjaring di Taman Kali Kadia, Kendari Beach 9 orang dan di Pelataran Tugu Religi sebanyak 14 orang, “Rata-rata pelanggar adalah mereka yang rtidak memakai masker. Mereka kami data kemudian dilanjutkan dengan pembinaan,” kata Yusuf.

Sementara untuk pelaku usaha, pihaknya sama sekali belum mendapatkan pelanggaran. Rata-rata sudah mematuhi prokes dengan menyedian sarana atau wadah tempat mencuci tangan bagi pengunjung serta membuka usaha hanya sampai pukul 22.00 Wita. “Mereka patuh terhadap Perwali dan Surat Edaran dari Wali Kota soal penegakan disiplin protokol kesehatan. Kalau merekan melanggar kami sudah wanti-wanti akan diberikan peringatan. Kalau masih membandel maka kami rekomendasikan untuk izin usahanya dicabut. Sehingga karena itu rata-rata pelaku usaha di Kendari mematuhi aturan,” ungkap Yusuf.

Dia pun berharap, masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan 3M seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman (Physical Diatancing). Sebab, lanjut dia, hanya cara itu yang paling efektif untuk memutus mata rantai penularan covid-19. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy