Kery Tolak Teken Rekomendasi PAW Ardin – Kendari Pos
Konawe

Kery Tolak Teken Rekomendasi PAW Ardin

KENDARIPOS.CO.ID — DPRD Konawe ngotot menggulingkan Ardin dari kursi Ketua DPRD setempat. Para legislator menggelar rapat paripurna secara maraton dan menerbitkan rekomendasi PAW pimpinan DPRD fraksi PAN, 13 Januari lalu.

Kery Saiful Konggoasa

Dokumen rekomendasi itu dikirim ke Bupati Konawe Keery Saiful Konggoasa. Namun Kerry menolak meneken rekomendasi PAW dari DPRD itu. Kata Kerry, proses PAW itu sah-sah saja dilakukan oleh partai politik manapun. Tapi, mekanisme PAW itu harus tetap sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Termasuk juga kesepakatan di partai itu sendiri.

“Dulu, sebelum pilcaleg, di internal PAN Konawe ada penandatanganan pakta integritas. Pakta integritas itu juga menyinggung soal PAW. Berkaca dari situ, saya menilai, DPRD Konawe sudah terlalu jauh masuk ke internal PAN. Makanya, saya menilai mekanisme di DPRD Konawe sudah menyalahi aturan,” ujar Bupati Konawe dua periode itu.

Menurut mantan Ketua Harian DPW PAN Sultra itu, ada yang tidak lazim dalam proses PAW Ardin sebagai pimpinan DPRD setempat. Hal yang tak lazim itu, lantaran keluarnya nama Beni Setiadi Burhan sebagai calon PAW H Ardin. Padahal saat Pilcaleg 2019 kemarin, Beni Setiadi Burhan hanya bertengger di urutan kelima legislator terpilih dari fraksi PAN.

“Itu sudah jelas tidak sesuai aturan dalam pakta integritas. Nama Beni tidak boleh keluar. Andaikata betul ada PAW, maka penggantinya harus peraih suara terbanyak kedua. Ini kenapa lompat sampai ke urutan lima,” ungkap Kery Saiful Konggoasa.

Kery menuding ada pihak-pihak yang sengaja memanfaatkan polemik yang terjadi di tubuh PAN Konawe. Ia menyinggung beberapa politisi dari parpol lain yang dianggapnya terlalu mencampuri internal PAN setempat. “Mereka terlalu banyak urusan. Kesimpulannya, meskipun disodorkan oleh pihak legislatif, rekomendasi PAW Ardin sebagai Ketua DPRD Konawe tidak bakalan saya tandatangani,” tandasnya.

Sekadar mengingatkan, DPRD menerbitkan rekomendasi persetujuan PAW Ardin, melalui rapat paripurna, Rabu (13/1). Mereka menindaklanjut atas surat DPP PAN nomor : PAN/A/Kpts/KU-SJ/429/X/2020 tentang PAW pimpinan DPRD Konawe dari Fraksi PAN 16 Oktober 2020 yang masuk di DPRD.
(adi/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy