Kery Siap Bangun Mall Pelayanan Publik – Kendari Pos
Konawe

Kery Siap Bangun Mall Pelayanan Publik


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa memang tipikal kepala daerah yang sangat responsif terhadap keinginan warganya. Mulai dari penyediaan lapangan kerja, peningkatan pertumbuhan ekonomi, bahkan urusan lain, sudah diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tahun ini, Kery punya tekad mewujudkan mimpi warganya yang belum sempat ia tunaikan di periode pertamanya memimpin Konawe. Mimpi yang coba diwujudkan itu yakni kepuasan masyarakat akan pelayanan publik yang maksimal. Untuk itu, Bupati Kery berencana mendirikan Mall Pelayanan Publik dengan mengintegrasikan semua urusan pelayanan maupun perizinan sehingga terkonsentrasi di satu tempat.
Tahun ini, Kery merogoh kocek Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konawe untuk membangun Mall Pelayanan Publik. Anggarannya sebesar Rp 4 Miliar, dan rencananya bangunan konstruksi satu lantai itu bakal didirikan di areal Kantor Satpol-PP dan Damkar Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

“Kita pilih lokasi strategis. Tepatnya di depan kantor Bupati Konawe. Sebab pada prinsipnya, gedung Mall Pelayanan Publik itu harus mudah diakses masyarakat,” ujar Bupati Konawe dua periode itu kepada Kendari Pos. Mantan Ketua Harian DPW PAN Sultra itu menjelaskan, pemilihan lokasi itu, otomatis membuat pegawai maupun personel di instansi Satpol-PP & Damkar Konawe harus “pindah kantor”. Namun rupanya, Kery Saiful Konggoasa sudah menyiapkan tempat baru yang bakal ditempati pegawai serta personil Satpol-PP dan Damkar Konawe. Lokasi baru yang disiapkan itu yakni di eks gedung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe.

“Sekarang kantor itu sudah dikosongkan. Pegawai Satpol-PP & Damkar sudah pindah gedung di seberang jalan. Tidak jauh jaraknya hanya beberapa meter saja,” ungkap mantan Ketua DPRD Konawe itu. Kery menambahkan, pemkab bakal mempercepat proses pembangunan gedung Mall Pelayanan Publik tersebut. Apalagi, lokasi itu kini telah dikosongkan oleh pihak Satpol-PP sehingga memungkinkan untuk dimulainya pengerjaan.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN Sultra itu menyebut, gedung yang ditinggalkan Satpol-PP dan Damkar itu, rencananya bakal difungsikan sebagai ruang kerja petugas penjagaan (security) atau ruangan bagi warga untuk beristirahat. Sebab argumennya, bangunan baru yang bakal dijadikan Mall Pelayanan Publik harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Termasuk, kedai untuk sekadar ngopi dan bersantai.

“Kita bangun baru, bukan rehab. Desainnya gedung satu lantai. Karena, yang paling inti itu adalah konsep pelayanannya terintegrasi. Jadi, tidak ada berkas yang maju mundur. Yang kedua, terkoneksi dengan jaringan. Sehingga, proses pelayanan bisa cepat,” terangnya.
Kery menyebut, di dalam gedung mall pelayanan publik itu, nantinya akan ada keterwakilan kurang lebih 28 instansi. Baik itu instansi vertikal maupun instansi daerah setempat. Beberapa diantaranya, yakni instansi yang mengurusi pelayanan kependudukan, perizinan, pajak & retribusi, pengurusan SIM, SKCK dan BPJS. Di dalam Mall Pelayanan Publik itu, sekira 28 instansi pemkab maupun vertikal tersebut bakal menyediakan counter pelayanan bagi masyarakat.

“Sistemnya pelayanan terpadu. Makanya, semua yang berkaitan dengan proses pengurusan maupun perizinan, kita akan hadirkan di tempat itu,” tambahnya. Tak sampai di situ, untuk semakin memudahkan pengurusan di Mall Pelayanan Publik, Kery juga berencana menanam kabel optik di kompleks perkantoran setempat. Hal itu menurutnya, bisa mempercepat proses pelayanan yang membutuhkan support jaringan internet. “Target kita, paling lambat September 2021, gedung Mall Pelayanan Publik di Konawe sudah tuntas dibangun,” tandasnya. (adv/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy