Kepesertaan BP Jamsostek Masih Minim – Kendari Pos
Metro Kendari

Kepesertaan BP Jamsostek Masih Minim

KENDARIPOS.CO.ID — Pekerja Sultra yang memperoleh perlindungan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) masih minim. Buktinya, hanya sekitar 18 persen atau 190 ribu pekerja yang terdaftar. Padahal jumlah angkatan kerja di Bumi Anoa mencapai 1,2 juta orang.

Kepala BP Jamsostek Sultra Muhyiddin DJ mengatakan keikutsertaan pekerja dalam Jamsostek sangat penting. Sayangnya, masih banyak pekerja yang belum sadar. “Sejauh ini, kami sudah berupaya maksimal. Tapi masih ada 82 persen pekerja di Sultra yang hak-nya mendapat perlindungan manfaat BP Jamsostek belum terpenuhi. Makanya, mereka menjadi rentan terhadap resiko – resiko sosial,” kata Muhyiddin, kemarin.

Untuk mencapai coverage (cakupan) 100 persen lanjut dia, dibutuhkan kerjasama dan kesadaran setiap elemen mulai dari Pemerintah, Perusahaan, Dinas terkait dan pekerja/angkatan kerja itu sendiri agar seluruh angkatan kerja di Sultra dapat menjadi peserta jaminan sosial pemerintah itu.

“Apalagi fungsi BP Jamsostek dalam pembangunan negara adalah mencegah terjadinya resiko sosial dengan memutus rantai kemiskinan bagi para pekerja dan keluarganya apabila kehilangan penghasilan,” ungkap Muhyiddin.

Dia merinci, sekira 190 ribu pekerja yang terdaftar Jamsostek terdiri dari 110 ribu peserta penerima upah, 46 ribu peserta kukan penerima upah, dan 33 ribu peserta jasa konstruksi. Capaian itu, kata Muhyiddin, tak lepas dari upaya pihaknya yang membangun kerja sama dengan Pemprov, Kabupaten/Kota, organisasi perangkat daerah (OPD), dan perusahaan yang ada di Sultra.

“Akuisisi secara informal dilakukan melalui agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) dan melalui Service Payment Office (SPO) kerja sama bank yang ada di wilayah kerja BP Jamsostek Provinsi Sulawesi Tenggara,” jelas Muhyiddin. (ags)

Pekerja yang Terdaftar di BP Jamsostek
Peserta Penerima Upah 110 Ribu Pekerja
Peserta Bukan Penerima Upah 46 Ribu Pekerja
Peserta Jasa Konstruksi 33 Ribu Pekerja

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy