Kendari Terus Berbenah, Oleh : Prof. Eka Suaib – Kendari Pos
Kolom

Kendari Terus Berbenah, Oleh : Prof. Eka Suaib


KENDARIPOS.CO.ID — Coba jalan-jalan ke kawasan penjual bunga dan buah. Di belakangnya kini sudah tertata. Kali Kadia, yang dahulu kumuh, kini sudah berubah. Lebih teratur, dan menjadi alternatif baru wisata bagi warga metro Kendari.

Prof. Dr. Eka Suaib

Tengok juga, kawasan Jalan Sao-Sao. Bangunan megah yang digagas oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, yakni perpustakaan modern akan menjadi pusat literasi baru. Bangunan yang menyatu dengan kawasan sekitar, seperti gedung pemuda, museum, juga PKL.

Tentu saja Ali Mazi sadar mengapa proyek strategisnya ditempatkan di Kota Kendari. Selain perpustakaan modern, juga kawasan wisata Toronipa, yang dampaknya akan dinikmati oleh warga metro Kendari. Rumah sakit Jantung, juga ditempatkan di Kota Kendari.

Saat ada kawan berkunjung ke Kota Kendari, sempat melintas ke Jembatan Teluk. Rupanya, warga luar Kota Kendari, melalui medsos, berita di media cetak, dan media TV, sudah mengetahui ikon baru Kota Kendari. Jembatan yang terletak di kawasan pelabuhan Kota Lama menghubungkan dengan pelabuhan Bungkutoko. Waktu tempuh, hanya 5 menit. Padahal, sebelumnya, jika ingin mengunjungi Bungkutoko, butuh waktu sampai 40 menit. Itupun harus berputar. Atau menggunakan perahu palimbang.

Dalam suatu pertemuan, Wali Kota Kendari Sulkarnain memaparkan, telah mendengar rencana dari Gubernur Ali Mazi untuk menata kawasan kota lama. Yakni menata kawasan terbuka seperti lapangan olahraga, area parkir, street cinema.

Kawasan kota lama akan difungsikan maksimal sehingga sangat strategis. Dengan demikian, Kota Kendari, selain akan mempertahankan karakteristiknya sebagai ‘kota’ yakni mengandalkan sektor jasa. Tetapi juga kota tujuan wisata. Soalnya, jika akan mengunjungi kawasan wisata Bokori dan Toronipa, Kendari menjadi daerah penghubung.

Perlu juga dicatat, saat ini sudah berfungsi pelabuhan peti kemas di Bungkutoko. Berfungsinya semua kawasan tersebut pada akhirnya daya saing Kota Kendari akan meningkat.

Sementara itu, pemerintah Kota Kendari juga melaju kencang. Berbagai terobosan dan inovasi dilakukan. Saat ini, terdapat berbagai inovasi yang dilajukan seperti Layanan Apkikasi Kendari (laika), SPPD elektronik, Aplikasi jaga Kendari (Jari), pajak menyapa (jakpa).

Jari dan Jakpa mendapat penghargaan dari LAN RI. Jari mendapat penghargaan 3 penghargaan sekaligus. Yakni stand pameran terbaik, reformer terbaik, dan 10 terbaik lulus dengan predikat sangat memuaskan. Sedangkan program Jakpa masuk dalam top five inovasi terbaik. SPPD elektronik, untuk memudahkan dan memperpendek jalur birokrasi. Pada suatu kesempatan, wali kota menguraikan jika pegawai ingin melakukan perjalanan dinas, perlu waktu lama karena harus ketemu dengan pimpinan. Melalui sistem ini, maka dokumen pendukung mesti di upload melalui aplikasi. Kemudian, dipelajari, apakah kegiatan urgen apa tidak. Jika disetujui, maka persetujuan akan dilakukan melalui aplikasi tersebut. Sistem ini juga dirancang sebagai bentuk pengawasan dan control terhadap laporan keuangan perjalanan dinas para pegawai.

Pembenahan Kota Kendari mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat dengan memberi penghargaan sebagai Kota Sehat (Swasti Saba Wisatara). Melalui pencapaian ini, maka dilakukan perbaikan lingkungan, kebersihan, penataan kota yang bersih, aman, dan nyaman.

Ada aspek pendidikan, juga tidak luput dari perhatian Wali Kota, Sulkarnain. Karena itu pemberian beasiswa bagi SD dan SMP dilakukan. Hasil monitoring KPK, Kota Kendari terbaik dalam hal pemberantasan korupsi. Prestasi di bidang kerohanian juga tidak luput. Yakni juara umum II MTQ secara virtual se Sultra.

Kita terus menunggu berbagai terobosan dan inovasi dari Pemerintah Kota Kendari. Terlebih di masa pandemik ini yang masih belum menunjukkan gejala menurun. Dibutuhkan kesadaran baru dari seluruh warga menuju hidup yang lebih berkualitas. Saat inilah, sebagai warga bersama-sama dengan pemerintah bahu membahu berupa sikap simpati dan empati untuk bersama-sama membangun Kota Kendari yang kita cintai bersama. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy